Peraturan dan UU

Kasatlantas Polresta Sidoarjo Dicopot Usai Ramai Kasus Dugaan Calo SIM

511
×

Kasatlantas Polresta Sidoarjo Dicopot Usai Ramai Kasus Dugaan Calo SIM

Sebarkan artikel ini
Calo SIM
Track Ujian praktik SIM di Satpas Satlantas Polresta Sidoarjo

BERITABANGSA.ID- SIDOARJO- Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Yanto Mulyanto dicopot dari jabatannya usai Paminal Mabes Polri mendalami kasus dugaan calo surat izin mengemudi (SIM) dengan melibatkan orang dalam pekan lalu di satuan penyelenggara adminitrasi (Satpas) Satlantas Polres Sidoarjo.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Yanto Mulyanto P dicopot dan ditugaskan di tempat baru sebagai Kasiaga B SPKT Polda Jatim.

Scroll untuk melihat berita

Sebagai gantinya, Kasatlantas Polresta ditempati oleh Kompol Indra Budi Wibowo yang sebelumnya menjabat Kasubbagselek Bagdalpers Ro SDM Polda Jatim.

Bukan hanya Kompol Mulyanto yang dimutasi. Dalam TR dengan Nomor ST/1397/lX/KEP./2023, Kanit Regident Satlantas Polresta Sidoarjo AKP Yosephine Phuliza ditugaskan sebagai Paurdisindig Subbidmulmet Bidhumas Polda Jatim.

Iptu Mega Satriatama Kanit Regident Satlantas Polres Tuban dimutasikan sebagai Pama Polresta Sidoarjo, (diarahkan sebagai Kanit Regident Satlantas Polresta Sidoarjo).

Salah satu sumber di kepolisian menyebutkan, saat Paminal turun ke Sidoarjo menyelidiki dugaan percaloan SIM, Kasatlantas beserta Kanit Regident juga diminta keterangan oleh pihak Paminal di Mapolda Jatim.

“Keduanya dimintai keterangan saat kasus dugaan calo SIM di Satpas Polreta Sidoarjo mencuat,” katanya, Kamis (14/9/2023).

Selain Kasatlantas dan Kanit Regident, beberapa anggota di Satpas juga dimintai keterangan oleh Paminal Mabes Polri di Mapolda Jatim. Termasuk WA, bukan anggota polisi, tapi menjadi kepercayaan Kasatlantas dalam bertugas di Satpas Satlantas Polresta Sidoarjo.

Sumber menambahkan, dengan adanya pergantian orang baru di bagian-bagian tertentu itu menandakan hal yang didalami oleh Paminal Mabes Polri soal dugaan ada main-main dalam pemohon memperoleh SIM, benar adanya.

“Logikanya, kalau tidak ada temuan, pastinya tidak ada pergantian. Kalau diganti, berarti sebaliknya. Sebagai abdi negara, sebaiknya di manapun tempat bertugas, sebisa mungkin dijalankan dengan niatan ibadah dan ikhlas supaya dalam apa yang kita kerjakan, bernilai pahala,” imbuhnya menjelaskan.

Dikonfirmasi terkait TR dari Polda Jatim yang ditandatangani oleh atas nama Kapolda Jatim Karo SDM Kombespol Harry Kurniawan soal mutasi tersebut, Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Yanto Mulyanto belum memberikan tanggapan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *