Pemerintahan

Anggaran Perjalanan Dinas dan Mamin DPRD Sidoarjo Fantastis, Capai Rp57 Miliar

142
×

Anggaran Perjalanan Dinas dan Mamin DPRD Sidoarjo Fantastis, Capai Rp57 Miliar

Sebarkan artikel ini
Perjalanan Dinas
Gedung DPRD Sidoarjo

BERITABANGSA.ID – SIDOARJO– Paket anggaran perjalanan dinas luar kota dan luar negeri hingga makan dan minuman anggota DPRD Sidoarjo selama satu tahun sangat fantastis, jumlahnya mencapai Rp57 miliar lebih selama satu tahun.

Anggaran fantastis itu bisa diketahui melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Sidoarjo, nilai 57 miliar rupiah itu tercantum dalam 164 pengadaan paket pada rencana umum pengadaan (RUP) dengan rincian Rp57.345.248.701 tahun anggaran 2023.

Scroll untuk melihat berita

Dalam LPSE juga disebutkan motede pemilihan penyedia yang terdiri dari 5 motede. Yakni, e-purchasing, pengadaan langsung, penunjukan langsung, tender cepat dan tender. Masing-masing memiliki perbedaan proses pelaksanaan.

Dari 16 paket itu, 5 paket perjalanan dinas menjadi sorotan banyak pihak, antara lain belanja perjalanan dinas biasa senilai, Rp20 miliar lebih. Belanja perjalanan dinas paket meeting luar kota Rp6 miliar lebih.

Belanja makanan dan minuman rapat Rp4 miliar lebih. Pandalaman tugas DPRD Rp3 miliar lebih yang terakhir biaya perjalanan dinas biasa-luar negeri Rp2 miliar lebih dengan total keseluruhan 5 top paket anggaran itu sebesar Rp37 miliar lebih.

Hal ini mendapat sorotan dari Badruzzaman, aktivis 98 yang dikenal getol menyoal pos-pos anggaran pemerintah yang dianggap tak relevan. Ia mengatakan anggaran makan dan perjalanan dinas DPRD sangat tidak relevan, apalagi mekanisme pengadaan nya.

“Pengadaan barang atau jasa yang pekerjaannya direncanakan, dikerjakan dan atau diawasi sendiri oleh institusi itu sendiri sebagai penanggung jawab. Bila belanja perjalanan dinas dan belanja makan minum digabung, Rp38 miliar lebih total belanja di sekretariat dprd ini,” kata cak Sudrab sapaan akrab Badruzzaman, Senin (14/8/2023).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *