Terkini

LPG 3 Kg Sulit, Pemkab Jember Langsung Gelar Pasar Murah Serentak di 24 Kecamatan

486
×

LPG 3 Kg Sulit, Pemkab Jember Langsung Gelar Pasar Murah Serentak di 24 Kecamatan

Sebarkan artikel ini
LPG 3kg
Operasi pasar LPG 3 Kg di Kecamatan Gumukmas. (Foto: Diskominfo Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Beberapa hari terakhir, masyarakat di Kabupaten Jember mengeluhkan soal LPG 3 Kg yang sulit diperoleh pada tingkat pengecer.

Merespon hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggandeng Pertamina Sales Branch Manajer Rayon V Malang, menggelar operasi pasar murah serentak di 24 kecamatan pada Selasa, 8 Agustus 2023 dari pagi hingga siang.

Scroll untuk melihat berita

Sementara LPG 3 Kg yang dijual langsung kepada masyarakat dalam operasi pasar tersebut, sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp16 ribu per tabung.

Mengingat LPG 3 Kg di tingkat pengecer sulit, tak ayal jika operasi pasar murah ini berhasil menarik minat masyarakat untuk mengambil manfaatnya.

Bahkan di beberapa kecamatan, terutama di wilayah Jember selatan dan barat sampai kehabisan stok diserbu pembeli.

“Mereka sampai minta tambahan LPG 3 Kg dalam operasi pasar tersebut,” ucap Kepala Disperindag Jember, Bambang Saputro.

Selesai menggelar operasi pasar, Bambang langsung mengimbau kepada masyarakat agar membeli LPG 3 Kg di 1.806 pangkalan resmi yang tersebar se-Kabupaten Jember, dengan HET Rp16 ribu per tabung.

“Dipastikan bahwa stok ketersediaan LPG 3 Kg di Kabupaten Jember sampai dengan saat ini (melalui pangkalan resmi – red) masih aman,” ujar Bambang.

Dia juga menegaskan, pihak Pertamina mewajibkan seluruh pangkalan LPG agar mengutamakan pelayanan kepada masyarakat langsung.

Untuk pengecer, Pertamina hanya memperbolehkan pangkalan LPG menjual LPG 3 Kg maksimal 20 persen saja.

“80 persen LPG 3 Kg harus dijual langsung kepada masyarakat dari lokasi yang diterima oleh masing-masing pangkalan,” pungkas Bambang Saputro.

Sebelumnya, Disperindag Jember juga telah menggelar operasi pasar LPG 3 Kg di 7 kecamatan pada 31 Juli – 4 Agustus 2023 lalu.

Pelaksanaannya bersamaan dengan operasi pasar pengendalian inflasi yang bertempat di pasar-pasar tradisional.

Meski telah disokong stok dari pemerintah daerah langsung, namun sayangnya keluhan masyarakat masih terus mengalir hingga operasi pasar LPG 3 Kg ini digelar.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *