Opini

Peran Pemuda Dalam Menghadapi Revolusi 4.0

279
×

Peran Pemuda Dalam Menghadapi Revolusi 4.0

Sebarkan artikel ini
Generasi 4.0

Seperti yang kita ketahui, revolusi industri 4.0 sudah bergulir dan sedang berjalan menuju perkembangan yang lebih kompleks lagi. Perkembangan pesat dalam teknologi sensor, interkoneksi, dan analisis data terintegrasi, sudah diterapkan dalam berbagai industri di era ini. Dampak yang kita rasakan akibat adanya perkembangan industri 4.0 diantaranya adalah maraknya bisnis Start Up.

Dalam bidang transportasi, muncul Go Jek dan Grab sehingga masyarakat sudah tidak perlu bersusah payah dalam mencari sarana transportasi yang efisien. Dalam bidang peradangan, ada Bukalapak,Tokopedia, Blibli, Shopee dan lain-lain. Dalam bidang financial juga bermunculan berbagai macam aplikasi wallet yang memberikan masyarakat kemudahan dalam melakukan transaksi.

Scroll untuk melihat berita

Pada dasarnya, revolusi industri 4.0 bergerak mengubah berbagai hal yang bersifat konvensional menjadi Cybernet atau Technodata. Untuk menjadi bangsa yang maju, tentunya Indonesia harus mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi harga mati apabila Indonesia tidak ingin tertinggal dalam percaturan global di era revolusi industri 4.0. Sumber daya manusia yang berkualitas patut menjadi perhatian dalam upaya menciptakan Indonesia menjadi bangsa yang maju, karena kreativitas dan inovasi menjadi faktor penentu keberhasilan untuk dapat bertahan di era yang penuh persaingan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *