Pemerintahan

Puncak Hari Bhakti Adhiyaksa, Bupati dan Kajari Bondowoso Perkuat Sinergi Berantas Korupsi

575
×

Puncak Hari Bhakti Adhiyaksa, Bupati dan Kajari Bondowoso Perkuat Sinergi Berantas Korupsi

Sebarkan artikel ini
Bhakti Adhiyaksa
Bupati Bondowoso dan Kajari saat tasyakuran puncak Hari Bakti Adhiyaksa

BERITABANGSA.ID, BONDOWOSO – Puncak peringatan hari bhakti Adhiyaksa ke-63 dan HUT ikatan Adhiyaksa Dharmakarini ke-23 menjadi momen untuk memperkuat sinergitas antara yudikatif dan eksekutif di Bondowoso.

Hal itu terlihat dari komitmen kedua pihak dalam memberantas korupsi di bumi Ki Ronggo, di antaranya beberapa kasus yang telah dibongkar beberapa bulan ini.

Scroll untuk melihat berita

Sebut saja, kasus korupsi bantuan traktor dari Kementerian Pertanian tahun anggaran 2018. Kemudian, korupsi bantuan sosial KUBE yang menyeret kepala dinas menjadi tersangka.

Bupati Salwa Arifin, yang turut hadir dalam tasyakuran yang dilaksanakan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri, pada Sabtu (22/7/2023), menjelaskan, pihaknya berharap agar Kejaksaan terus memberikan penyuluhan hukum pencegahan korupsi.

Tak hanya seperti yang dilakukan di Dinas Pendidikan, yang sudah berjalan dua tahun terakhir.
Namun, juga menyasar pada organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki ‘anggaran’.

“Penyuluhan pencegahan korupsi tak hanya di pendidikan. Tapi juga yang lain, terutama OPD yang punya anggaran,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bondowoso, Puji Triasmoro, mengatakan, pihaknya selama ini telah melakukan upaya pendampingan dan penyuluhan hukum dalam pengadaan barang dan jasa sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Mulai dari kepala sekolah hingga bendahara sekolah.

Selanjutnya, pihaknya masih akan melakukan penerangan hukum di beberapa OPD yang memiliki pengadaan barang dan jasa. Sebut saja di Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (DPMD), Dinas Binamarga, Sumberdaya Air dan Bina Konstruksi (BSBK), dan Dinas Kesehatan.

“Ini sebagaimana tema hari Adhiyaksa, yakni penegakan hukum yang tegas dan humanis mengawal pembangunan nasional,” jelasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *