Pertanian

Rangkaian Krida Fest, Bupati Hendy Sarasehan Bareng Petani Kopi di Desa Pace

384
×

Rangkaian Krida Fest, Bupati Hendy Sarasehan Bareng Petani Kopi di Desa Pace

Sebarkan artikel ini
Kopi Desa Pace
Bupati Jember Hendy Siswanto memetik kopi langsung dari kebun kopi warga Desa Pace. (Dokumen Humas Pemkab Jember untuk Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Kopi Milo Robusta adalah jenis kopi khas dari Desa Pace Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengagumi varietas kopi ini saat berkunjung ke kebun kopi milik Haji Hasan, salah satu petani kopi di desa tersebut, Jumat siang 07 Juli 2023.

Scroll untuk melihat berita

Kunjungan Hendy Siswanto ke Desa Pace merupakan rangkaian kegiatan Krida Fest, acara yang digelar Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Jember sebagai peringatan Hari Krida Pertanian ke 51 tahun 2023.

Kepada sejumlah petani yang tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sukamaju Pace, Hendy menegaskan keseriusannya untuk mengembangkan komoditas kopi Jember.

“Saya kagum dengan jenis kopi yang tumbuh di Pace, ini jadi penanda kita harus bersyukur kepada Allah SWT diberi tanah yang subur dan makmur. Ke depan saya harap gapoktan sukamaju tetap kompak untuk kepentingan masyarakat tani semuanya,” katanya.

Beberapa petani diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya dan dijawab langsung oleh Bupati Hendy. Kebanyakan keluhan mereka adalah soal stabilitas harga dan juga mekanisme untuk menjaga kualitas kopi dengan alat-alat pengolahan terbaru yang belum dimiliki. Untuk dua hal itu, Hendy langsung meminta Kepala Dinas TPHP dan Direktur PDP Kahyangan untuk aktif bersinergi dan menyediakan apa yang dibutuhkan petani kopi di Desa Pace pada tahun ini.

“Kalau mencukupi anggaran, saya minta pak kadis untuk membelikan alat-alat yang dibutuhkan oleh para petani kopi di Desa Pace,” kata Bupati Hendy yang langsung disambut antusias tamu undangan yang hadir.

Sementara itu, Kadis TPHP Imam Sudarmaji menambahkan, peringatan Hari Krida Pertanian ke 51 di Jember dikemas dalam beberapa acara, mulai dari parade barista dan pameran produk pertanian yang berlokasi di Alun-Alun Jember.

“Khusus untuk di Pace, Bupati Hendy kami undang untuk petik kopi merah sekaligus memberikan secara simbolis bantuan bibit kopi sebanyak 200ribu bibit,” katanya.

Didampingi oleh Dandim 0824 Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, jajaran pimpinan PDP Kahyangan dan sejumlah OPD serta Anggota DPRD Jember, Bupati Hendy menyempatkan mencicipi kopi lanang yang disediakan oleh panitia.

“Kopi Jember rasanya gak kalah sama kopi-kopi internasional,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *