Humanity

Mendadak Datangi Warkop, Dikira Mau Razia, Polantas Ini Malah Ngobras

105
×

Mendadak Datangi Warkop, Dikira Mau Razia, Polantas Ini Malah Ngobras

Sebarkan artikel ini
Ngobras
Begini suasana warung yang didatangi Polantas, untuk sosialisasi. (Satlantas Polres Situbondo)

BERITABANGSA.ID – SITUBONDO – Personel mendadak mendatangi beberapa warung kopi (Warkop). Kehadiran anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Situbondo, Jawa Timur ini, membuat kaget sejumlah pelanggan yang sedang ngopi, lantaran dikira ada razia.

Belakangan diketahui, korp baju cokelat kombinasi sabuk putih itu ternyata hendak melakukan sosialisasi, tentang keselamatan berlalu lintas.

Scroll untuk melihat berita

“Saya sempat mau kabur Mas, tak pikir akan razia ternyata ngobrol sama kita. Yang dibahas ya tentang tertib berlalu lintas dan cara berkendara dengan baik dan benar, agar terhindar dari kecelakaan saat berkendara,” tukas Sanusi, pelanggan Warkop saat mengobrol dengan sejumlah awal media, Rabu (5/7/2023).

Informasi yang dihimpun, ternyata rombongan polisi ini sedang melaksanakan kegiatan bernama Ngobras (Ngobrol Bareng Polantas).

Maksud dari program itu, adalah turun langsung melakukan sosialisasi kepada pengendara yang memang sering mangkal di sejumlah Warkop.

“Ngobrol bareng Polantas atau Ngobras ini kami lakukan, untuk mendekatkan anggota kami ke masyarakat. Kami ingin kedekatan ini bisa menumbuhkan rasa peduli masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara,” ujar Kasatlantas AKP Suwarno.

Kenapa warung kopi di sekitar stadion Abdurrahman Saleh juga jadi sasaran sosialisasi ?

Suwarno menjelaskan, jika satuannya melakukan survei terlebih dahulu, untuk mengetahui lokasi warung kopi mana saja yang selama ini sering jadi pangkalan pengemudi kendaraan bermotor.

“Ternyata di warung stadion itu pengunjungnya rata-rata kan sopir, maka kami manfaatkan suasana itu untuk bersosialisasi,” bebernya lagi.

Cara tersebut, beber Suwarno lagi, dinilai lebih humanis dan mampu diterima dengan baik oleh masyarakat. Tidak sekedar mengobrol biasa, anggota juga memberikan pertanyaan pengetahuan tentang lalu lintas dan keselamatan berkendara.

“Dengan obrolan santai bersama masyarakat, diharapkan lebih mudah menyampaikan pesan pesan Kamtibmas, khususnya  di bidang lalu lintas. Terpenting bagi kami, adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menyampaikan, bahwa program Ngobras adalah bagian dari Pendidikan Masyarakat (Dikmas), yang dilaksanakan secara berkelanjutan bagi semua kalangan.

Dikmas Lantas ini berupa penyampaian imbauan kepada masyarakat, sopir, ojol, dan pejalan kaki agar berhati-hati dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas ketika sedang berkendara.

“Dari kegiatan Ngobras itu, masyarakat menyambut baik dan berterimakasih atas sosialisasi. Kami juga pembagian helm, tas, dan jas hujan gratis bagi masyarakat yang bisa menjawab pertanyaan. Masalah pengurusan SIM dan pajak kendaraan adalah pertanyaan paling sering yang kami terima, namun sebagai pelayan masyarakat kami tidak bosan memberikan pengetahuan tentang pengurusan SIM dan pajak kendaraan tersebut,” tutup Dwi.

Sosialisasi ini kabarnya akan terus digelar di beberapa titik di wilayah hukum Polres Situbondo.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *