Publik Service

3 Program Layanan Publik di Wirolegi Jember Permudah Urus Adminduk hingga Tekan Stunting

446
×

3 Program Layanan Publik di Wirolegi Jember Permudah Urus Adminduk hingga Tekan Stunting

Sebarkan artikel ini
3 Program Layanan
Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat meninjau aplikasi layanan administrasi di Ruang Paten, Kelurahan Wirolegi, Jumat (23/6/2023). (Foto: Diskominfo Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Bupati Jember, Hendy Siswanto, meluncurkan 3 program layanan publik secara sekaligus di Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari, Jumat (23/6/2023).

3 program tersebut yakni Ruang Paten (Pelayanan Administrasi Terpadu), aplikasi J-SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) dan Kampung Remaja Sehat (KRS).

Scroll untuk melihat berita

Program ini dirancang untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dan menekan tingginya angka stunting hingga pernikahan dini.

Di Ruang Paten, masyarakat bisa menikmati semua layanan Adminduk, pajak, surat waris dan lain-lain dengan cepat dan mudah.

Ruang Paten juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti ruangan ber-AC dan Televisi, sehingga bisa membuat masyarakat betah dan nyaman untuk berlama-lama didalamnya.

“Ruangannya enak. ber-AC, ada TV juga. Jadi nyaman untuk berlama-lama di sini. Ngurus Adminduk gak kepanasan lagi,” ucap Hendy.

Sementara untuk aplikasi J-SAPA, kata Hendy, bisa diakses via Google form melalui Smartphone, kapan dan di mana saja.

Dengan aplikasi J-SAPA ini, masyarakat bisa menyapa sekaligus bertanya tentang gender maupun permasalahan yang dihadapi perempuan dan anak.

“Jadi tidak perlu datang ke sini (Kantor Kelurahan Wirolegi – red). Mereka cukup punya Handphone, mengakses di headline-nya Kelurahan Wirolegi, dapatlah semua program ini,” ujar Hendy.

Sayangnya, layanan publik yang luar biasa ini sementara hanya tersedia di Kelurahan Wirolegi saja.

Namun Hendy berjanji, ke depan pihaknya bakal menyebarluaskan aplikasi J-SAPA ini ke seluruh desa/kelurahan yang ada di wilayah setempat.

“Makanya, mohon teman-teman bisa mendukung untuk menggunakan aplikasi ini demi kemaslahatan umat,” ungkapnya.

Program berikutnya yang tak kalah istimewa ialah Kampung Remaja Sehat (KRS), yang didesain khusus untuk menjadi tempat berbagi informasi sekaligus mengedukasi masyarakat tentang bahayanya pernikahan dini.

“Tiga-tiganya ini Istimewa. Aplikasi ini kami masukkan dalam program J-KOPI. Kita yang akan memfasilitasi seluruh aplikasi yang ada di Jember,” ungkap Hendy.

Di tempat yang sama, Lurah Wirolegi, Muhammad Musthabiq Dzikril Malik, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hendy, telah berkenan meresmikan 3 program tersebut di kelurahannya.

“Mudah-mudahan dengan adanya program ini, masyarakat di Kelurahan Wirolegi menjadi semakin mudah dan nyaman untuk mendapatkan pelayanan,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *