AdvertorialPublik Service

Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik, Diskominfo Hadirkan Aplikasi Among Batu

99
×

Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik, Diskominfo Hadirkan Aplikasi Among Batu

Sebarkan artikel ini
Among Batu
Kadis Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto

BERITABANGSA.ID – KOTA BATU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota Batu melakukan inovasi dengan menghadirkan aplikasi Among Batu, dengan tujuan untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat umum dalam melaporkan permasalahan dan memperoleh informasi terkini seputar Kota Wisata Batu.

Scroll untuk melihat berita

Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto, menjelaskan di dalam aplikasi Among Batu terdapat beberapa fitur. Di antaranya berita terkini, pengumuman, acara, tempat wisata, kuliner, produk lokal dari UMKM, dan sektor pertanian setempat.

“Aplikasi Among Batu memiliki berbagai macam fitur yang sifatnya informatif, dan dapat diakses oleh masyarakat umum,” tutur Onny di ruang kerjanya. Rabu (14/6/2023).

Selain itu, tambah Onny, aplikasi ini telah terintegrasi dengan layanan pengaduan online rakyat atau SP4N-LAPOR!, untuk memfasilitasi pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi dari masyarakat secara efisien.

” Masyarakat bisa melaporkan kejadian atau permasalahan mereka lewat aplikasi Among Batu, karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan layanan pengaduan online rakyat,” ujarnya.

Among Batu, lanjut Onny, menjalin koneksi dengan berbagai aplikasi layanan pemerintah lainya, seperti Si Cantik untuk perizinan, SipBanget untuk informasi pariwisata, SikandaPrabu dari TPAKD, PPID, AKUR, SIMBG, dan JDIH untuk dokumentasi umum.

“Among Batu juga terkoneksi dengan aplikasi layanan dan informasi publik dari beberapa OPD lainya,” tutur Onny.

Integrasi ini memastikan, bahwa layanan masyarakat umum, dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan berbagai layanan publik yang disediakan oleh pemerintah.

Aplikasi Among Batu
Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Among Batu

Tujuan di buatnya aplikasi ini ialah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat sekaligus meningkatkan transparansi dalam pelayanan publik.

“Selain memberikan kemudahan pelayanan publik di pemerintahan, aplikasi ini juga memberikan referensi terkait tempat wisata, penginapan, kuliner yang lagi hits,” ulasnya.

Seperti dalam fitur wisata, jika ingin mencari tempat wisata buatan, maka akan muncul Jatim Park, Museum Angkut, BNS, dan lainya.

Di bagian penginapan, ada banyak rekomendasi tempat menginap yang di tampilkan, mulai dari villa, homestay, sampai hotel bintang lima.

Tak kalah penting, terdapat fitur kontak darurat, yang sudah terkoneksi dengan kontak layanan penting, seperti BPBD, Damkar, Layanan kesehatan dan layanan umum serta layanan keamanan.

Fitur-fitur yang sudah ada, bisa di manfaatkan masyarakat umum untuk mengetahui informasi seputar Kota Batu.

“Jadi tunggu apa lagi, jangan ragu untuk segera mengunduh aplikasi Among Batu, dan rasakan kemudahan dalam mengakses informasi serta menyampaikan aspirasi anda,” tutup Onny. (Syahrul / Advertorial Diskominfo Kota Batu)

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *