Terkini

Promosikan Hewan Kurban Jatim, Khofifah: Hewan Sehat, Stok Surplus

174
×

Promosikan Hewan Kurban Jatim, Khofifah: Hewan Sehat, Stok Surplus

Sebarkan artikel ini
Hewan kurban
Gubernur Khofifah saat meninjau hewan kurban

BERITABANGSA.ID – SIDOARJO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan kebutuhan hewan kurban masyarakat Jawa Timur menjelang Idul Adha 1444 Hijriah terpenuhi.

Gubernur Khofifah mengatakan, proyeksi kebutuhan sapi kurban di Jawa Timur mencapai 56.851 ekor, sedangkan stok sejumlah 1.003.700 ekor.

Scroll untuk melihat berita

Untuk kebutuhan kambing diperkirakan sebesar 211.951 ekor, sementara ketersediaan 727.600 ekor. Adapun kebutuhan domba sekitar 35.291 ekor dan ketersediaan 277.000 ekor terakhir, kerbau diperkirakan kebutuhan 130 ekor sementara keterseduaan 4.250 ekor.

“Dengan perkiraan kebutuhan itu, Insya Allah ketersediaan hewan kurban di Jatim dalam keadaan yang cukup bahkan surplus. Oleh karena itu saya mengajak bagi provinsi lain yang masih membutuhkan hewan kurban silahkan ke Jawa Timur,” ujarnya di One Qolbu Farm, di Kabupaten Sidoarjo, Kamis (8/6).

Khofifah bahkan mempersilakan provinsi lain untuk menyerap hewan kurban dari Jawa Timur. Mengingat, kebutuhan hewan kurban saat ini lebih dari cukup untuk masyarakat Jawa Timur.

“Insya Allah, masyarakat Jawa Timur bisa mendapatkan hewan kurban dengan mudah dan sehat memenuhi syarat. Jadi kalau ada provinsi lain yang membutuhkan, silakan ke Jawa Timur,” ajak Khofifah.

Untuk sekarang ini, dia ingin memastikan bahwa semua ternak kondisi aman, sehat, dan memenuhi syarat jadi kurban.

Tak hanya itu, semua pihak juga wajib bersiaga dan menjaga kondisi ternak agar dipastikan aman dan sehat.

“Kita ingin memastikan bahwa hewan kurban aman, sehat, baik, dan cukup. Aman itu tidak hanya bebas PMK, tetapi bahwa memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban karena ada syarat seperti giginya sudah tanggal, cukup umur, dan sebagainya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *