Peristiwa

Jombang Mencekam Semalam, Gerombolan Pesilat Bentrok Bikin Kerusakan

172
×

Jombang Mencekam Semalam, Gerombolan Pesilat Bentrok Bikin Kerusakan

Sebarkan artikel ini
Gerombolan pendekar
Tampak sejumlah gerombolan diduga dari pendekar yang berulah di Jombang, ketika diamankan pihak kepolisian

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Ketenangan warga di kawasan utara sungai Brantas, Kabupaten Jombang, berubah jadi mencekam, Rabu (24/5) hingga Kamis (25/5/2023) dinihari.

Pemicunya, terjadi aksi bentrok antar gerombolan anggota perguruan silat.

Scroll untuk melihat berita

Kendaraan warga pengguna jalan hingga mobil dinas kepolisian rusak.

Kepala Desa Daditunggal, Suliono, menyampaikan keributan gerombolan pendekar itu terjadi di wilayah Kecamatan Kabuh, Kecamatan Ploso dan Kecamatan Kudu di Kabupaten Jombang.

“Iya kemarin itu (gerombolan perguruan silat) kan arak-arakan dari wilayah Jetis Mojokerto. Ada banyak yang ikut, sekitar ratusan lah. Ada yang bawa tongkat, senjata tajam, itu sudah berulah di Desa Keboan, Ngusikan sejak jam 12 an malam. Kemudian lari ke arah Daditunggal, Ploso, Jombang. Di wilayah Kudu juga ada keributan,” ujar Suliono, Kamis (25/5/2023) pagi.

Saat perjalanan, pengguna jalan hingga warga sekitar jadi korban.

Dalam kondisi seperti itu, lantas warga tersebut langsung lari dengan meninggalkan sejumlah kendaraannya.

“Nah saat warga itu lari masuk ke kawasan pabrik. tapi sepedanya ditinggal di luar dan akhirnya dirusak oleh gerombolan itu. Ada dua kendaraan motor warga yang dirusak. Setelah itu gerombolan ini menuju ke arah barat yang kemudian bertemu dengan gerombolan orang lainnya, terjadilah kericuhan lagi sehingga ada kendaraan motor yang dibakar,” katanya.

Tak lama berselang usai peristiwa itu, aksi itu akhirnya dihentikan petugas kepolisian. Para pemuda tanggung ini, kemudian diamankan dan digelandang menuju Mapolsek Ploso, sebelum dibawa ke Mapolres Jombang.

“Ada ratusan yang diamankan kemarin, motor yang dibakar juga ikut diamankan petugas. Kalau rumah warga, Alhamdulilah tidak ada yang terdampak kerusakan,” tandasnya.

Dhigma (22) salah satu warga di Kecamatan Ploso, juga mengetahui peristiwa penangkapan gerombolan yang diduga dari perguruan silat tersebut.

Dia menyebutkan banyak yang digelandang dengan kendaraan motornya, tanpa mengenakan baju.

“Pas diamankan polisi itu kebetulan lewat depan rumah, banyak gerombolan yang diamankan. Itu diamankan ke arah Ploso Mapolsek Ploso sana, sama kendaraan nya. Tidak berani keluar rumah saja, karena situasi nya dini hari tadi ini cukup mencekam,” akunya.

Pantauan media ini di halaman Mapolres Kabupaten Jombang Kamis (25/5/2023) pagi, puluhan pemuda dikumpulkan di lapangan Mapolres Jombang.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *