Pemilu

Bakesbangpol Jember Gandeng KPU Gencar Sosialisasikan Pemilu 2024

388
×

Bakesbangpol Jember Gandeng KPU Gencar Sosialisasikan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Bakesbangpol
Kepala Bakesbangpol Jember, Edy Budi Susilo, saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan Sosialisasi Pemilu 2024 di Balai Desa Mrawan, Selasa (23/5/2023). (Foto: Diskominfo Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jember menggandeng jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) di wilayah setempat menggelar Sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Balai Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Selasa (23/5/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat terhadap Pemilu maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Scroll untuk melihat berita

Kepala Bakesbangpol Jember, Edy Budi Susilo, mengungkapkan Pemilu di tahun sebelumnya, partisipasi masyarakat hanya kisaran 70 hingga 75 persen, sedangkan pada Pilkada hanya kisaran 55 sampai 60 persen saja.

“Untuk itu, hari ini kami bersama-sama mencoba untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat. Kata kunci diadakannya sosialisasi Pemilu ini adalah suksesnya pemilihan umum yang aman, damai dan harmoni,” ucap Edy.

Adapun bentuk sosialisasi yang dilakukan Edy cukup beragam, mulai dari tatap muka yang dikemas dengan hiburan wayangan, koplo, gowes maupun jalan sehat.

“Kami akan lakukan sosialisasi secara massif. Belum lagi, ada peningkatan sekitar 35 persen jumlah TPS di Pemilu 2024. Tahun 2020, TPS sebanyak 4.489 unit. Tapi tahun ini, TPS ada 7.706 unit. Jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya,” bebernya.

Edy berkomitmen, selama 9 bulan ke depan, pihaknya bakal melakukan sosialisasi Pemilu 2024 di 35 titik yang dinilai menjadi titik dengan partisipasi Pemilu terendah, sehingga menjadi prioritas pemerintah.

“Selain itu, Bapak Bupati melalui OPD terkait juga berupaya untuk mendekatkan masyarakat ke TPS di wilayah masing-masing, dengan memperbaiki infrastruktur,” pungkas Edy.

Bersamaan dengan sosialisasi tersebut, juga ada mobil pintar Pemilu yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengecek apakah dirinya sudah masuk dalam data Pemilu 2024 atau belum.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *