Keagamaan

737 Petugas Haji Siap Layani 39.927 CJH Embarkasi Surabaya

150
×

737 Petugas Haji Siap Layani 39.927 CJH Embarkasi Surabaya

Sebarkan artikel ini
737 petugas
Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Maram, di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jawa Timur, Seninn (15/5).

BERITABANGSA.ID-SURABAYA – Sebanyak 737 petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) embarkasi Surabaya dilantik, Senin (15/5/2023).

Mereka terdiri dari sebanyak 420 petugas haji kelompok terbang (kloter), 20 petugas non-kloter, 175 petugas haji daerah (PHD), dan 122 petugas pembimbing dari kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU).

Scroll untuk melihat berita

Para petugas haji ini berasal dari perwakilan sejumlah pihak terkait. Antara lain, Pemerintah Provinsi Jawa Timur/Jatim, Kanwil Kemenag Jatim, Kanwil Kemenkumham Jatim, Polrestabes Surabaya, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Kesehatan, dan sejumlah unsur lainnya.

Mereka ini akan bertugas menyambut dan melayani para calon jemaah haji selama berada di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus (BUHK) Kementerian Agama, Nur Arifin, mengatakan seluruh embarkasi di Indonesia sudah siap menyambut dan melayani para calon jemaah haji yang berangkat tahun ini.

Para petugas haji juga mendapat pembekalan khusus untuk memberikan pelayanan ramah haji lansia atau lanjut usia.

“Berbeda dari tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19, tahun ini para petugas haji akan diberi layanan tambahan. Mulai dari layanan utama ramah haji lansia, nantinya para petugas akan melayani layanan fisik dan non-fisik. Sehingga, para jemaah haji merasa semangat dan tidak merasa stres,” ungkap Nur Arifin ditemui usai pelantikan PPIH Embarkasi Surabaya di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Petugas haji juga melihat makanan yang akan disajikan kepada para calon jemaah haji saat berada di pesawat.

Para calon jemaah haji dibekali makanan bergizi selama perjalanan saat berada di dalam pesawat dari tanah air menuju tanah suci Makkah.

Setiap calon jemaah haji, nantinya akan mendapatkan jatah makanan bergizi pada dua jam pertama saat pesawat mulai berangkat, dan dua jam sebelum tiba di Bandara tujuan.

Petugas haji bertugas pula memastikan seluruh persiapan sudah dilakukan untuk menyambut dan melayani para calon Jemaah haji.

Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram, menjelaskan pada musim haji 2023 ini, Embarkasi Surabaya akan memberangkatkan total sebanyak 39.927 calon jemaah haji yang berasal dari 38 kota dan kabupatan se-Jawa Timur, ditambah calon jemaah haji asal Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sebanyak 35.152 calon Jemaah haji di antaranya berasal dari Jawa Timur. Kloter 1 asal Bangkalan, Kloter 2 asal Sampang, dan Kloter 3 asal Bangkalan dan Sampang, dijadwalkan masuk asrama haji pada 23 Mei 2023 dan berangkat ke tanah suci Makkah pada 24 Mei 2023. Sedangkan, penerbangan terakhir pada 22 Juni 2023,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *