Seni Budaya

Gelar Parade Budaya, Bupati Jember: Budaya Harus Terus Dilestarikan, Wajib Hukumnya

419
×

Gelar Parade Budaya, Bupati Jember: Budaya Harus Terus Dilestarikan, Wajib Hukumnya

Sebarkan artikel ini
Parade Budaya
Salah satu tarian khas daerah dalam Parade Budaya di Alun-alun Jember, Sabtu, (13/5/2023). (Foto: Diskominfo Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkab Jembrana menggelar Parade Budaya pada Sabtu, 13 Mei 2023, di Alun-alun Kota.

Menurut Bupati Jember Hendy Siswanto, parade yang menampilkan beragam kebudayaan dan kearifan lokal tersebut digelar dalam rangka melestarikan budaya sekaligus menunaikan perintah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Scroll untuk melihat berita

“Kita diperintahkan oleh Bapak Presiden, untuk kerja sama antar daerah (KAD). Hari ini kita wujudkan. Ini wujud nyata antara dua daerah bersatu, berkolaborasi dan bersinergi. Tentunya ke dua daerah ini akan mendapatkan manfaat. (Kerja sama – red) Kita wujudkan dengan parade budaya,” ucapnya.

Hendy juga mengungkapkan, Indonesia merupakan negara yang dianugerahi ribuan kebudayaan yang menjadi ciri khas daerah masing-masing.

“Budaya harus terus dilestarikan. Wajib hukumnya melestarikan budaya tersebut. Kita implementasikan (melestarikan budaya – red) dalam bentuk pentas seni, parade atau apapun itu,” imbuhnya.

Selain dapat menumbuhkan rasa cinta pada budaya bangsa, kata Hendy, adanya parade budaya yang digelar hari ini juga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di wilayah setempat.

“UMKM kita bergerak. Tentunya ekonomi kita ini nomor satu. Bagaimana negeri menjadi hebat? Tentunya rakyat harus kuat, rakyat harus kaya. Kalau rakyat kaya, Insya Allah pemerintah kita akan menjadi kuat,” tandasnya.

Dengan suksesnya kolaborasi antara Pemkab Jember – Jembrana ini, ke depan Hendy memproyeksikan bakal semakin gencar menggelar kegiatan-kegiatan yang serupa.

Dia pun tak akan segan-segan untuk menjalin kolaborasi dan bersinergi dengan daerah lain, bahkan akan menggelar kegiatan yang tentunya bisa lebih meriah lagi dibandingkan kegiatan-kegiatan sebelumnya.

“Pasti kami akan lakukan perjanjian kerja sama lagi. Kami juga akan selalu support Jembrana. Dan tentunya tahun depan kami akan melakukan kegiatan seperti ini lagi nanti,” pungkas Hendy.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *