Daerah

Penunjukan Sepihak Pengatur Air Desa Gumelar Disoal Warga

109
×

Penunjukan Sepihak Pengatur Air Desa Gumelar Disoal Warga

Sebarkan artikel ini
Pengatur air desa atau ulu-ulu
Foto: Ilustrasi petugas pengatur air irigasi persawahan atau petugas ulu-ulu

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Penunjukan sepihak petugas pengatur air, atau masyarakat mengenal dengan istilah petugas ulu-ulu oleh Kepala Desa Gumelar, Heri Mulyono disoal warganya.

Penolakan terhadap petugas ulu-ulu Krajan Kidul pilihan sang Kades tersebut, tertulis dalam surat yang ditandatangani oleh 80 orang petani setempat.

Scroll untuk melihat berita

Perwakilan warga, Mohammad Sidi menuturkan, Kades Gumelar Heri Mulyono telah memaksakan kehendaknya, menunjuk Nur Halim sebagai petugas air desa Krajan Kidul Desa Gumelar tanpa menggelar musyawarah dengan warga alias menunjuk sepihak.
Padahal, menurut Sidi, penunjukan petugas ulu-ulu tersebut seharusnya dimusyawarahkan dengan warga, seperti petugas ulu-ulu sebelumnya.

“Penunjukan petugas ulu-ulu di lingkungan kami terkesan dipaksakan sepihak oleh pak Kades, karena tanpa mengajak kami musyawarah terlebih dulu, tiba-tiba sudah ada petugasnya,” kata Sidi, Jumat 05 Mei 2023.

Mewakili warga setempat, Sidi menegaskan menolak dan menuntut Kades Gumelar membatalkan petugas ulu-ulu pilihannya tersebut.

“Kami menginginkan dilakukan pemilihan langsung, bukan dengan cara penunjukan sepihak seperti ini,” lanjut Sidi.

Sementara itu, Kades Gumelar Heri Mulyono mengaku telah menjalin komunikasi dengan Ketua Kelompok Tani, serta tokoh masyarakat setempat.

Ia menyampaikan bahwa petugas ulu-ulu tersebut adalah hak prerogatif Kepala Desa.

“Menurut aturan, pengangkatan petugas ulu-ulu adalah hak prerogatif Kepala Desa, bentuknya berupa surat penugasan,” kata Heri.

Heri kemudian berujar, dia akan mengevaluasi kinerja petugas ulu-ulu pilihannya tersebut selama setahun dulu. Hasilnya nanti akan dipertimbangkan, apakah layak dilanjutkan atau sebaliknya.

“Pemilihan secara langsung bisa saja dilakukan, namun sebaiknya kita evaluasi dulu kinerjanya petugas ulu-ulu yang baru ini,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *