Sosial

Hujan Tak Patahkan Semangat Warga Tionghoa Jombang Berbagi Ratusan Takjil Ramadan

116
×

Hujan Tak Patahkan Semangat Warga Tionghoa Jombang Berbagi Ratusan Takjil Ramadan

Sebarkan artikel ini
takjil Ramadan.
Tampak kegiatan pembagian makanan buka puasa dari warga Tionghoa di Kabupaten Jombang, ketika berlangsung pada Selasa (18/4/2023) sore hari. Foto : Faiz

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Hujan deras terjadi di Jalan Martadinata, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Selasa (18/4/2023) sore.

Di simpang tiga jalan ini, tepatnya depan toko emas Kencono Ungu sedang berlangsung aksi sosial berbagi takjil Ramadan.

Scroll untuk melihat berita

Puluhan warga Tionghoa yang tergabung dalam Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Kabupaten Jombang ini membagikan 600 paket makanan buka puasa plus air mineral.

Kendati hujan pun tak mematahkan semangat warga Tionghoa membagikan ratusan takjil yang menyasar sejumlah warga, tukang becak, hingga pengguna jalan.

“Iya ini barusan terkendala hujan, tapi teman teman tetap semangat untuk membagikan 600 makanan untuk buka puasa. Ini sudah kegiatan yang ke tujuh kalinya dari kami. Kalau tujuannya ya selain menumbuhkan toleransi, juga intinya saling berbagi kepada sesama gitu saja,” ujar Ketua PSMTI Kabupaten Jombang Soetikno Hary Santoso.

Pembagian ratusan bingkisan menu buka puasa itu dimulai pukul 16.00 WIB. Sebelumnya, sudah terdapat ratusan warga sedang antre.

Dibandingkan aksi sebelumnya, hari ini sangat ramai hingga arus lalulintas sempat macet.

“Antusias warga pengguna jalan tadi sangat tinggi. Meski arus lalulintas sempat terganggu, tiap teratasi dan lancar karena ada anggota polisi,” katanya.

Sembari membagikan takjil, alunan musik dan atraksi Barongsai mengiringi.

Kata Soetikno, atraksi Barongsai itu hanyalah hiburan bagi warga.

Buktinya, banyak warga yang menonton dan mendokumentasikan.

“Tadi sangat ramai. Harapan kami semua ke depannya tetap saling silaturahmi, bertoleransi, dan tetap rukun selamanya. Semoga bermanfaat bagi yang menerima makanan buka puasa tadi,” pungkasnya.

Salah seorang pengguna jalan, Zakiyatul Aziah terharu dengan aksi warga Tionghoa untuk umat muslim yang sedang puasa tersebut.

“Gak ngantri sih tadi, cuma lewat tiba-tiba dikasih bingkisan menu buka puasa ini. Terus tak liat dari kaosnya ternyata dari warga Tionghoa, dari situ saya kaget terharu. Sangat bagus toleransi dan kepeduliannya kepada kita yang umat muslim sedang berpuasa. Seneng dapat takjil, rencananya mau tak buat bukber sama keluarga di rumah,” ujar Zizah.

Pantauan di lokasi, ratusan bingkisan takjil cepat ludes terbagikan sekitar 30 menitan.

Hadir di lokasi ini di antaranya Liem Hok Bing, pemilik toko emas kencana dengan putranya Ivan.

Oei Liong Sheng, Ketua Klenteng Hok Liong Kiong Jombang. Serta para sponsor dan donatur hingga anggota PSMTI Kabupaten Jombang lainnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *