Ekonomi dan Bisnis

Pemkab Jember Pastikan Harga dan Stok Bapokting Aman Sepanjang 2023

378
×

Pemkab Jember Pastikan Harga dan Stok Bapokting Aman Sepanjang 2023

Sebarkan artikel ini
Stok Bapokting
Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat Rakor Pengendalian Inflasi di kantor bulog, Rabu (22/2/2023)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memastikan harga dan stok bahan pokok penting (Bapokting) aman sepanjang 2023.

Hal itu karena pemerintah setempat melakukan berbagai upaya, salah satunya menggelar operasi pasar di 4 titik, yakni di Pasar Tanggul, Kreongan, Mangli dan Wirolegi.

Scroll untuk melihat berita

“Operasi pasar dimulai tanggal 16 Januari 2023 setiap hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis yang akan kami laksanakan sepanjang tahun 2023,” ucap Kepala Disperindag Jember, Bambang Saputro, Rabu (22/2/2023).

Komoditas barang dalam operasi pasar tersebut terdiri dari beras Bulog berukuran 5 kilogram dengan harga Rp44 ribu, minyak goreng (Migor) merek ‘Minyak Kita’ dengan harga Rp14 ribu per liter, telur ayam dengan harga Rp24 ribu per kilogram dan beberapa komoditas yang lainnya.

Untuk sumber pasokan stok Bapokting, Disperindag bekerja sama dengan berbagai suplayer seperti Alfamart, PT Rajawali Nusindo, Bulog Jember dan BUMNU Grosir yang baru berdiri selama beberapa hari ini.

“Alhamdulillah hasil koordinasi dengan pimpinan BUMN Jember, siap bersinergi untuk mengikuti operasi pasar yang diselenggarakan oleh Pemkab Jember,” ujar Bambang.

Khusus untuk stok beras, Muspida Kabupaten Jember telah melakukan sidak ke gudang-gudang beras baik Bulog maupun swasta beberapa waktu lalu, dan mendapatkan hasil bahwa kondisi stok beras aman sampai memasuki musim panen di akhir Februari atau awal Maret mendatang.

Sedangkan untuk Migor, Bambang menerima informasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bahwa dalam waktu dekat ini Kementerian Perdagangan Republik Indonesia akan melakukan penugasan menyalurkan Migor dengan merek ‘Minyak Kita’ ke 4 titik lokasi operasi pasar.

“Setiap pasar akan mendapatkan alokasi 240 karton. 1 kartonnya berisi 12 liter Minyak Kita. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera tersalurkan kepada pedagang yang ada di 4 pasar tersebut. Dan tentunya juga akan melalui pendampingan dari kami,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *