Seni Budaya

Komunitas Tapal Batas Gelar Pameran Lukisan di Vinautism Gallery

162
×

Komunitas Tapal Batas Gelar Pameran Lukisan di Vinautism Gallery

Sebarkan artikel ini
TAPAL BATAS
Rudy Purwono dan Vincent menerima lukisan dari Seniman Asal Yogyakarta

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Para seniman Yogyakarta yang tergabung dalam komunitas tapal batas menggelar pameran lukisan bertajuk ‘Ngisis Blues’, di Vinautism Gallery yang berlangsung selama sebulan, sejak 28 Januari hingga 25 Februari 2023.

Ngisis berasal dari kata bahasa Jawa yakni merasakan semilir angin yang sejuk. Karya para pelukis inipun didominasi warna biru yang unik menggambarkan suasana ketenangan.

Scroll untuk melihat berita

Lebih lanjut Edo Pop menjelaskan bahwa komunitas tapal batas, baru berdiri selama 2 tahun, terdiri dari seniman formal dan non formal.

“Seniman Yogyakarta didominasi dari Kampus ISI (Institut Seni Indonesia). Komunitas tapal batas berjumlah 17 orang yang beragam dari akademi seni rupa, baik lulusan S1 dan D3 dari kampus swasta maupun negeri. Selain pelukis ada fotografer, pematung dan multimedia,” terang Edo Pop.

Jajang, salah satu seniman menambahkan, karya yang itu merupakan perjalanan para seniman Yogyakarta yang telah direncakan setahun lalu untuk dipamerkan di luar Yogja.

“Ngisis Blues menuju Surabaya mendekati matahari. Karya yang dipamerkan merupakan endapan para seniman mengalami masa pandemi,” ujar Jajang.

“Blues adalah ketenangan dan pameran ini sebagai ungkapan para seniman akan kerinduan kehidupan berkesenian. Oleh karenanya, karya mereka didominasi warna biru yang menjadi perjalanan kerinduan,” pungkasnya.

Dalam acara itu, pelukis Catur Hengki Koesworo menyerahkan lukisan kepada Rudy Purwono dan Vincent Prijadi Purwono.

Vincent Prijadi Purwono pelukis autistik turut memamerkan lukisan terbarunya. Vincent melukis pesawat dan kereta api yang menjadi favoritnya.

Vincent merupakan cucu dari pasangan Puspita Dewi Prijadi dan Tsang Joshua Ardy yang selalu mendapat dukungan dari keluarga besarnya dari kecil hingga sekarang menjadi pelukis berprestasi nasional maupun internasional.

Para pengunjung yakni pecinta seni dan mahasiswa seni rupa melihat lukisan yang dipamerkan mulai dari lantai 1 hingga lantai 3 gedung Vinautism gallery.

Vinautism gallery, adalah galeri seni yang menampilkan berbagai lukisan karya Vincent Prijadi Purwono dan seniman lainnya.

Lukisan-lukisan yang dibuka untuk umum di Vinautism Gallery ini sejatinya adalah cerita tentang pengalaman Vincent, pengalaman Vincent, seorang anak yang terlahir dengan autism, dalam menemukan jati dirinya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *