Pendidikan

Dari Hafalan Doa Harian Hingga Hafalan Surat Pendek, Unusa Bentuk Karakter Dokter Rahmatan Lil Alamin

129
×

Dari Hafalan Doa Harian Hingga Hafalan Surat Pendek, Unusa Bentuk Karakter Dokter Rahmatan Lil Alamin

Sebarkan artikel ini
Dokter
dr Diaz Syafie Abdillah,

Bagi saya, stase ini merupakan stase yang terbaik, khususnya stase bedah, banyak sekali pengalaman menarik selama stase ini, mulai pengalaman melihat operasi mayor, seperti membuka tempurung kepala, mengambil batu di ginjal, dan operasi-operasi lainnya,” ungkapnya.

Putra pertama dari pasangan H. Choirul Bachtiar dan Hj. Lailatus Sa’adah yang pernah menempuh pendidikan di SD Muhammadiyah Lamongan ini menyampaikan, selama menjalani studi profesi dokter, dirinya dan mungkin juga teman sejawat lainnya mengalami tantangan untuk menyelesaikan studi tersebut, setiap hari merupakan tantangan baru yang harus siap dihadapi.

Scroll untuk melihat berita

Karena, ketika mahasiswa sudah di dekat konsulen, mereka harus siap untuk ditanyai mengenai kondisi pasien, baik tentang mekanisme penyakit, riwayatnya, dan cara edukasi yang baik ke pasien. Jika tidak bisa, mungkin terdapat hukuman, yang tiap konsulen berbeda dalam cara memberi menghukumnya.

Pria yang juga menjadi Anggota Dewan Pengawas Organisasi di Nahdlatul Ulama Medical Student Association (NUMSA) 2022 sampai sekarang, menceritakan awal masuk pendidikan profesi sangat senang.

Bagaimana tidak, waktu dulu melihat kakak tingkat memakai seragam jaga warna biru, merasakan jaga di IGD, dapat berinteraksi langsung dengan pasien, itu semua merupakan suatu impian saat akhir-akhir masa preklinik (sarjana).

Dua tahun menjadi seorang dokter muda, yang mana masih belum dikatakan dokter, namun juga bukan mahasiswa S1 lagi.
Situasi itu seakan berada disebuah Samudra dengan naik kapal yang ingin menuju ketepian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *