Terkini

Wow, Perdagangan Jatim-Kalteng 2021 Tercatat Transaksi Rp5,53 Triliun

105
×

Wow, Perdagangan Jatim-Kalteng 2021 Tercatat Transaksi Rp5,53 Triliun

Sebarkan artikel ini
Misi Dagang
Gubernur Khofifah usai melakukan ramah tamah di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Provinsi Kalimantan Tengah menjadi sasaran misi dagang utama Provinsi Jawa Timur. Kenapa?

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang dikonfirmasi, menjelaskan alasan menetapkan Provinsi Kalteng menjadi sasaran misi dagang, tak lain karena nilai transaksi perdagangan baik penjualan dan pembelian selalu surplus bagi Jatim.

Scroll untuk melihat berita

Dia menjelaskan, perdagangan Jatim dengan Kalteng di 2021 sebesar Rp5,53 trilliun dengan nilai penjualan Rp4,47 trilliun dan nilai pembelian senilai Rp1,06 trilliun .

“Dengan demikian, transaksi kedua provinsi mengalami surplus senilai Rp3,41 trilliun bagi Jawa Timur ,” kata Gubernur Khofifah usai melakukan ramah tamah di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, pada Selasa (13/12/2022).

Khofifah menyebut, sejumlah komoditas utama pembelian yang dilakukan Provinsi Kalimantan Tengah ke Provinsi Jawa Timur antara lain pupuk, beras, makanan ternak, minuman kalori, sapi, sabun, kendaraan bermotor, produk makanan, susu bubuk murni dan semen.

“Sedangkan penjualan Provinsi Kalimantan Tengah ke Provinsi Jawa Timur antara lain, minyak, kelapa sawit mentah, batubara, kayu, karpet, alat elektronik, mesin pengolah data, tabung, pipa dan selang, pompa, konduktor listrik dan udang,” tuturnya.

Transaksi perdagangan yang baik antara Jatim dengan Kalteng ini, kata Gubernur Khofifah, juga diikuti dengan besarnya nilai transaksi melalui kegiatan misi dagang. Tercatat, sepanjang 2021, kegiatan Misi Dagang Pemprov Jatim dengan provinsi lain menghasilkan transaksi senilai Rp259 trilliun.

“Angka yang cukup besar dan saling menguntungkan antar provinsi mengingat penduduk Indonesia saat ini sekitar 277 juta orang. Ini potensial market yang luar biasa dan kekuatan ekonomi Jatim khususnya perdagangan antar provinsi,” tegasnya.

Atas hubungan dagang yang baik inilah Gubernur Khofifah kembali melakukan Misi Dagang dengan Provinsi Kalimantan Tengah pada Rabu, (14/12) besok yang diawali ramah tamah hari ini, Selasa (13/12).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *