Ekonomi dan Bisnis

Khofifah: PDRB Pariwisata Jatim 2022 Capai 5,6 Persen di Tiap Triwulan

47
×

Khofifah: PDRB Pariwisata Jatim 2022 Capai 5,6 Persen di Tiap Triwulan

Sebarkan artikel ini
PDRB
Gubernur Khofifah foto bersama dalang muda

BERITABANGSA.COM-BATU- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyatakan bahwa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sektor Pariwisata Jatim 2022 terus meningkat signifikan.

Sesuai data Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jatim, pada triwulan (TW) I 2022 PDRB atas dasar harga berlaku sektor pariwisata adalah Rp36.986.760.000.

Scroll untuk melihat berita

Pada TW II meningkat menjadi Rp38.243,410.000 dan meningkat lagi pada TW III menjadi Rp39.408,480.000.

“Kekuatan tourism bagi ekonomi Jawa Timur sangat luar biasa. Ketika Tourism meningkat maka hotel, makanan, transportasi dan UKM hingga Industri Kreatif semua akan tumbuh bersama-sama,” ungkap Gubernur Khofifah dalam East Java Tourism Award (EJTA) 2022 di Ballroom The Singhasari Resort Kota Batu, Sabtu (10/12/2022) malam.

Khofifah menjelaskan, selain PDRB, peningkatan juga terjadi pada jumlah wisatawan yang datang ke Jawa Timur.

Hingga Oktober 2022, telah terjadi peningkatan signifikan sejak 2021. Tercatat 45.660 kunjungan wisatawan mancanegara dan 52.731.514 kunjungan wisatawan nusantara.

Tren positif di sektor pariwisata Jatim tersebut juga terus didorong dengan potensi 1.316 daya tarik wisata yang ada.

Angka tersebut terdiri dari 449 wisata alam, 354 wisata budaya, 513 wisata buatan dan 596 desa wisata.

Selain itu, terdapat pula 7.889 usaha industri pariwisata restoran bintang dan non bintang, 1.576 hotel dan 1.743 homestay yang tersebar di 38 kabupaten/kota se-Jatim.

Di sisi lain, Gubernur Khofifah juga mengapresiasi penuh penyelenggaraan ajang EJTA 2022. Tercatat 68 penghargaan dari 11 kategori diberikan kepada desa wisata, tempat wisata, kuliner, pegiat seni hingga kesenian asli Jawa Timur.

Kesebelas kategori penghargaan tersebut yang terdiri atas Penghargaan daya tarik wisata alam, budaya dan buatan, lomba video profil desa wisata dan lomba film pendek pesona wisata Jawa Timur.

Kemudian penghargaan usaha pariwisata kategori hotel non bintang, kategori pondok wisata / homestay, kategori usaha restoran dan kategori rumah makan.

Selain itu, ada pula penghargaan festival makanan khas Jawa Timur, penghargaan video profil kuliner terbaik, penghargaan festival dalang terbaik dan penghargaan warisan budaya tak benda (WBTB).

Terkait WBTB, Jatim patut berbangga pasalnya 87 WBTB nasional berada di Jawa Timur.

“Betapa pentingnya tugas pelestarian budaya di masa depan,” ujarnya.

Selawat Badar yang baru saja mendapat predikat WBTB merupakan bukti nyata akan banyaknya potensi budaya daerah yang harus disisir dan didaftarkan.

“Jika bukan kita yang mendaftarkan ke HAKI atau Kemendikbud, saya khawatir anak cucu kita tidak akan menemukenali kekayaan budaya bangsa. Inilah pentingnya WBTB kita sisir kembali bersama-sama, dengan membawa mandat dari daerah masing-masing,” terang Khofifah.

Selain itu, Khofifah mengaku takjub dengan banyaknya potensi dalang muda sebagai pewaris budaya wayang yang luar biasa digemari masyarakat Jawa Timur.

Apalagi, pada penghargaan dalang muda tahun ini tecatat kawasan perkotaan seperti Surabaya, Malang dan Gresik meraih juara.

Sehingga potensi dalang tidak lagi identik dengan kawasan Nganjuk, Blitar, Tulungagung dan Ngawi yang dikenal daerah mataraman tetapi makin merata kualitas dan regenerasi dalang muda.

“Ada potensi regenerasi untuk dalang dari Jawa Timur yang makin merata dengan mereka yang Well Educated. Mereka selesai kuliahnya, kemudian membangun penguatan di sisi budayanya, menurut saya ini luar biasa. Seperti, dalang muda dari Surabaya tadi saya sangat senang karena berencana melakukan inovasi dengan mengawinan antara Ludruk Surabaya dengan Pewayangan,” urai Khofifah.

Khofifah mengaku sudah berulang kali menguji coba pengembangan pasar Ludruk di kawasan Surabaya namun belum sesukses pagelaran wayang.

“Animo masyarakat terhadap Ludruk harus didorong mungkin dengan dukungan lighting yang menarik disertai berbagai perform untuk menjadi gravitasi bagi pengunjung untuk hadir dan menikmati,” terangnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *