Olah Raga

350 Penari Iringi Dahlan Iskan Nyalakan Api Porwanas XIII di Malang Raya

156
×

350 Penari Iringi Dahlan Iskan Nyalakan Api Porwanas XIII di Malang Raya

Sebarkan artikel ini
Api Porwanas XIII
Suasana semarak opening ceremony Porwanas XIII di Malang Raya

BERITABANGSA.COM-MALANG– Pembukaan pekan olahraga wartawan nasional (Porwanas) XIII spektakuler. Meriah, bikin decak kagum hadirin dan undangan.

Senin (21/11/2022) malam, 350 penari dari pelajar SMP-SMA se Malang Raya menyemarakan opening ceremony Porwanas XIII tersebut.

Scroll untuk melihat berita

Para penari ini tampil memukau dengan gerakan kompak dan musik menggelegar. Tarian disudahi dengan mendampingi wartawan senior profesor honoris causa Dahkan Iskan menyulut api obor Porwanas XIII.

Sebelumnya, ratusan pelajar dengan busana adat Nusantara ini menarikan penggalan budaya dari 34 provinsi di Indonesia.

Sesuai utusan delegasi atlet official yang dikirimkan PWI provinsi se Indonesia ditambah utusan khusus Surakarta yang dianggap atau disetarakan dengan utusan provinsi karena memiliki sejarah khusus berdirinya PWI.

Di depan tarian, para atlet, official, hingga undangan perutnya dikocok oleh lawakan ala logika Cak Lontong, yang alumni ITS tersebut.

Baik Menteri Pemuda dan Olahraga Profesor Zainuddin Amali, Dahlan Iskan, PWI, Ketua PWI dan semua peserta Porwanas yang semuanya wartawan jadi bahan roasting-an komedi ala stund up Cak Lontong. Penonton pun gerr.

Acara opening Porwanas XIII kian pecah dan ambyar saat closing munculnya Danny Caknan, si pelantun pop Jawa yang lagi ngehits digandrungi milenial ini. Berjingkrak dan bersaut sautan menirukan vokal.

Itulah ciri konser Danny Caknan di berbagai tempat. Bak Didi Kempot. suara merdu Danny Caknan menggelayut membuntu telinga ribuan atlet dan offical Porwanas XIII kali ini.

Menurut laporan Lutfil Hakim, Ketua Pengurus Besar Porwanas XIII sekaligus Ketua PWI Jatim, mengatakan Porwanas XIII sudah 52 tahun digelar. Agenda 4 tahunan ini, sudah layak menjadi agenda nasional sesuai roadmap Olahraga Nasional yang menjadi pegangan Kementerian Pemuda dan Olahraga, saat ini yakni Perpres nomor 86 tahun 2021.

“Sehingga organisasi lain, elemen masyarakat lain meniru PWI menggelar kompetisi olahraga di seluruh Indonesia maka bukan mustahil roadmap olahraga nasional tercapai, di 2045 usia Indonesia Emas seperti yang terus disoundingkan Menpora,” tegasnya.

Lutfil mengatakan event Porwanas selain menunjang wisata juga berdampak kontraksi ekonomi.

“Bayangkan 2.200 atlet dan official serta seluruh keluarga PWI se Indonesia mengajak anak istrinya ke Malang. Mereka rekreasi dan belanja di Malang, saya rasan rasan kepada Pak Wali Kota dan Bupati Malang, bisa jadi ,peredaran uang di Porwanas bisa tembus 1 triliun,” ujarnya.

Lutfil mengucapkan terima kasih kepada dukungan besar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dalam menyukseskan Porwanas XIII di Malang, dalam pelayanan, penyelenggaraan dan support anggaran.

Diwakili Emil Elestianto Dardak, yang ditunjuk menjadi Plt Gubernur Jatim beberapa waktu ke depan, suami Arumi Bachsin ini memutar video sambutan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

“Selamat berbahagia, berkompetisi dengan fairplay. Menjaga sportivitas tinggi, dan melayani tamu. Selamat datang, selamat bertanding, dan selalu selamat dan berbahagia hingga kembali para tamu dari 34 Provinsi dan semoga Jawa Timur juara umum,” ujar Khofifah, melalui rekaman video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *