Humanity

Berkah 77 Ibu Hamil Asal Sidoarjo Ini, Dapat Paket dari Gubernur

54
×

Berkah 77 Ibu Hamil Asal Sidoarjo Ini, Dapat Paket dari Gubernur

Sebarkan artikel ini
HUT JATIM 77
Gubernur Khofifah saat memberikan paket pencegahan stunting kepada 77 ibu hamil, sesuai angka HUT Provinsi Jatim ke-77.

BERITABANGSA.COM– SIDOARJO – Sedikitnya 77 orang ibu hamil asal Sidoarjo, mendapat paket hadiah dari Gubernur Jawa Timur, yang sedang berkegiatan East Java VW & Vespa Festival 2022.

Bukan tanpa alasan, paket itu dimaksudkan untuk mencegah stunting anak sejak masih di dalam kandungan.

Scroll untuk melihat berita

Nah, di sela East Java VW & Vespa Festival 2022 di Pendapa Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (29/10/2022), Khofifah Indar Parawansa memberikan paket pencegahan stunting kepada 77 ibu hamil, sesuai angka HUT Provinsi Jatim ke-77.

Selain itu, dia juga memberikan paket bantuan uang tunai dadi Baznas Jatim Rp250.000 selain paket perlengkapan bayi, dan paket sembako.

Selanjutnya pencegahan stunting harus dilanjutkan masing-masing ibu hamil tersebut.

Pencegahan stunting kali ini tidak cukup dilakukan ketika anak sudah lahir, namun juga sejak dalam kandungan.

“Masa dalam kandungan itulah pemenuhan gizi anak menjadi sangat penting,” katanya.

Dalam 1000 hari pertama kehidupan adalah masa-masa penting tumbuh kembang anak. Dimulai sejak kandungan, 1000 hari pertama menjadi periode emas pembentukan organ tubuh dan kecerdasan anak.

Pencegahan stunting pada ibu hamil di Jatim juga dengan cara memberikan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan pemenuhan gizi selama kehamilan.

Upaya lain yakni memenuhi kecukupan zat besi dan folat selama kehamilan dengan suplementasi tablet tambah darah (TTD), sebanyak 90 tablet pada seluruh ibu hamil.

“Usia kandungannya di sini sudah 7 bulan. Artinya sudah di trimester ketiga. Kami harap gizinya tercukupi, ibu dan bayinya sehat. Semoga lahirnya lancar semua,” tukasnya.

Upaya pencegahan stunting dilakukan secara konvergensi, melibatkan ormas, perguruan tinggi, organisasi profesi, aparat, dan semua elemen masyarakat.

Bayi yang lahir mesti diberi ASI eksklusif sampai usia 6 bulan. Selanjutnya didampingi makanan pendamping ASI (MPASI) sejak usia anak 6 bulan juga sangat penting.

Penyebab stunting kata Khofifah karena asupan gizi seimbang belum terpenuhi. Penyakit infeksi berulang. Untuk itu, pemberian asupan menu gizi seimbang memberi stimulasi tumbuh kembang balita.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *