Daerah

Peringati HUT ke-77 RI, MWCNU Omben Gelar Upacara Kemerdekaan

73
×

Peringati HUT ke-77 RI, MWCNU Omben Gelar Upacara Kemerdekaan

Sebarkan artikel ini
momen saat pelaksanaan upacara
Momen saat pelaksanaan upacara

BERITABANGSA.COM-SAMPANG- Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Omben menggelar upacara bendera Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di halaman kantor MWCNU Omben, Rabu (17/08/2022).

Upacara yang diikuti oleh ratusan peserta upacara terdiri dari Pengurus MWCNU Omben, Banom, dan lembaga NU tersebut berlangsung khidmat.

Scroll untuk melihat berita

Ketua MWCNU Omben Kiai Muzayyanul Akmal mengatakan, dalam perjuangan menuju kemerdekaan, NU memiliki peran besar dan tak diragukan lagi. Hal itu mengingat keterlibatan pendiri NU Kiai Hasyim Asy’ari yang merupakan pahlawan nasional.

“Adanya kegiatan upacara ini adalah, kita harus memahami sejarah, bahwa lahirnya bangsa Indonesia ini ada peran penting dari para ulama,” ujarnya.

Kiai Muzayyan menyebut, peran para kiai turut menjadi faktor penentu terjadinya Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Oleh sebab itu kita sebagai santri dari para pejuang kemerdekaan, santri dari para ulama, kita harus mempunyai semangat yang tinggi dalam mengisi kemerdekaan, karena Indonesia adalah milik kita bersama,” tegasnya.

Lebih lanjut Ketua MWCNU Omben Kiai Muzayyan mengatakan, dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, Kiai Hasyim Asy’ari ikut mendukung upaya kemerdekaan dengan menggerakkan rakyat melalui fatwa jihad yang kemudian dikenal sebagai resolusi jihad melawan penjajah Belanda.

“Kita diwarisi oleh para ulama, untuk menjaga dan mempertahankan negara ini, dulu kiai Hasyim Asy’ari ikut merebut kemerdekaan berat, tidak mudah, tetapi kita dalam mempertahankan kemerdekaan jauh lebih berat lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Omben Gus Abdul Basit mengatakan, meski perayaan upacara kemerdekaan dikemas dengan sederhana, tapi semangat pejuang harus terus dipegang, pemuda harus terus berkembang membangun bangsa Indonesia.

“Negara kita saat ini butuh orang-orang yang mau membangun, khususnya anak- anak muda, mulai dari hal sederhana terlebih dahulu,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *