Advertorial

Wabup Asahan Hadiri Munas I AKPSI di Jakarta

49
×

Wabup Asahan Hadiri Munas I AKPSI di Jakarta

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-ASAHAN- Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, bersama Kadis Pertanian Oktoni Erianto, menghadiri musyawarah nasional I asosiasi kabupaten penghasil sawit Indonesia di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Jumat 15 Juli 2022.

Agenda utama Munas I ini adalah komitmen bersama daerah penghasil sawit dalam memperbaiki tata kelola sawit nasional.

Scroll untuk melihat berita

Ketua AKPSI Yulhaidir yang juga Bupati Seruyan Kalimantan Tengah mengatakan Munas I AKPSI yang beranggotakan 160 Kabupaten penghasil sawit di 21 Provinsi adalah bagaimana menjadi mitra strategis pemerintah dan stakeholder perkebunan sawit dalam membangun, menata dan mengawasi tata kelola sawit.

Serta diharap menjadi wadah bagi Pemkab dalam memperjuangkan kepentingan daerah penghasil sawit terutama soal pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat di area perkebunan sawit.

Munas I ini dibuka I oleh Mendagri Tito Karnavian dan dihadiri Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri terkait, Bupati/Wakil Bupati dari 160 Kabupaten penghasil sawit se-Indonesia.

Acara ini juga menyediakan sesi dialog dengan materi dari di Ketua Komisi II DPRRI Ahmad Doli Kurnia Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin.

Pertama, Wabup menyinggung revisi peraturan/regulasi mengenai dana bagi hasil (DBH) dari sektor perkebunan kelapa sawit bagi kabupaten penghasil kelapa sawit.

Kedua, dia berharap kabupaten penghasil kelapa sawit dapat memungut retribusi untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan desa dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Ketiga, Wabup berharap agar dibangun kembali perkebunan inti rakyat (PIR) untuk kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Wabup juga meminta, kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit, segera menuntaskan pembangunan kebun plasma masyarakat.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *