Terkini

Bulan Bung Karno: Event Blitar Djadoel, dan Kebangkitan Ekonomi

40
×

Bulan Bung Karno: Event Blitar Djadoel, dan Kebangkitan Ekonomi

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-BLITAR- Sebuah panggung megah berdiri di depan Alun-alun. Di sekitarnya aneka stand makanan jadul. Selang beberapa saat, Teten Masduki, Menteri Koperasi tampil di panggung dan menyatakan event ‘Blitar Djadoel’ di Alun-alun Kota Blitar resmi dibuka.

Teten, menyebut event pameran seperti ini akan mampu membangkitkan roda perekonomian daerah. Blitar Djadoel ini merupakan rangkaian peringatan Bulan Bung Karno.

Pada 2022 ini ada 100 stand yang terdiri dari 40 stand pemerintahan dan 60 stand UMKM. Sesuai tema event, maka desain stand dan isinya pun serba djadoel.

Teten Masduki, mengatakan event-event semacam ini selain bisa memamerkan produk UMKM di segmen lokal juga mampu membangkitkan perekonomian daerah.

Pameran ini bisa mendatangkan pembeli dari luar daerah yang sangat potensial untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, yang dalam dua tahun terakhir sempat terpuruk.

“Saya melihat event pameran seperti ini semakin sering diadakan semakin bagus. Karena di beberapa daerah yang sering menggelar pameran seperti ini, status perekonomiannya cepat bangkit,” katanya, Jumat (17/6/2022).

Menurutnya, event-event seperti ini sangat penting bagi tiap daerah untuk bangkit dan membangun kembali kemandirian ekonominya masing-masing.

Apalagi pasca pandemi, efek perekonomian membuat terpuruk pelaku usaha kecil dan menengah. Dengan ajang pameran seperti ini, akan memberi ruang bagi pelaku UMKM memasarkan produknya.

Ia juga memaparkan, pada triwulan pertama bangsa Indonesia sudah pulih dari keterpurukan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi sudah naik menjadi 5,1 persen. Pemerintah disebutnya cepat melakukan penyesuaian sehingga bisa segera recovery.

“Pasca pandemi, UMKM bukan hanya perlu recovery. Tapi kita butuh transformasi. Kita bukan hanya pulih tapi perlu bertransformasi. Selama ini kita kurang menghitung dan mempertimbangkan kekuatan ekonomi UMKM. Padahal sejak beberapa waktu lalu, justru UMKM lah yang menjadi penyelamat kondisi ekonomi,” tandasnya.

Selanjutnya, Tjujuk Sunaryo selaku Wakil Wali Kota Blitar mengatakan event Blitar Djadoel adalah kebanggaan bagi warga Bumi Bung Karno.

“Blitar Djadoel ini kreasi anak muda dan masyarakat Kota Blitar untuk melanjutkan kebudayaan di tengah majunya teknologi,” pungkasnya.

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google Beritabangsa.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *