Keagamaan

Sebanyak 262 Peserta Ikuti MTQ Kabupaten Jember 2024

722
×

Sebanyak 262 Peserta Ikuti MTQ Kabupaten Jember 2024

Sebarkan artikel ini
Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan MTQ Kabupaten Jember 2024

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Bupati Jember Hendy Siswanto membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Jember, Sabtu 22 Juni 2024.

MTQ Kabupaten Jember ini diikuti oleh 262 orang peserta dari berbagai usia. Kegiatan ini dipusatkan di Masjid Jamik Baitul Amin, mulai 22 – 23 Juni 2024.

banner 300600

Bupati Hendy menyebut, lomba membaca kitab suci Al Qur’an ini untuk membentuk generasi qur’ani, yang juga berdampak pada etika yang baik bagi generasi bangsa.

“Kegiatan MTQ ini juga sekaligus mempersiapkan qori’ dan qori’ah yang andal, karena kita (Pemkab Jember) akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Jawa Timur pada tahun depan 2025,” ujar Hendy Siswanto dalam sambutannya.

Di samping itu, ia menargetkan kafilah Jember menjadi juara umum dalam MTQ ke 31 tingkat Jawa Timur.

“MTQ Jatim ke 31 menjadi tantangan bagi kita semua, kenapa, dengan juara umum itu akan memberikan motivasi kepada 650 lebih pesantren di Jember ini,” lanjutnya.

Hendy menyebut populasi pondok pesantren di Kabupaten Jember terbanyak se-Jawa Timur, yang mana 98 persen penduduk Jember beragama muslim. Atas dasar itu, ia bertekad menjadikan penduduk Jember memiliki ahlakul karimah (beretika baik) itu yang utama, dan serius membumikan Al-Qur’an.

“MTQ ini bukan sekadar lomba, yang dibaca adalah firman Ilahi, tentunya juga akan memberi kebaikan untuk Kabupaten Jember,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Jember, Achmad Musoddaq mengungkapkan MTQ yang diselenggarakan kali ini terdiri beberapa kategori yang dilombakan diantaranya, seni baca Alquran, qiroah Alquran, hifdzil Quran, tafsir Alquran, seni kaligrafi dan sebagainya.

“Pemkab Jember menyediakan uang pembinaan bagi para pemenang sebesar Rp160.500.000 untuk MTQ kali ini,” ujar Musoddaq.

>>> Baca berita lainnya di google news beritabangsa.id 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *