Terkini

Cak Thoriq Diperiksa Polda Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Kebencanaan

78
×

Cak Thoriq Diperiksa Polda Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Kebencanaan

Sebarkan artikel ini
Cak Thoriq
CT saat di Polda Jatim

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Thoriqul Haq, yang dikenal sebagai Cak Thoriq (CT), mantan Bupati Lumajang periode 2018-2023, diperiksa oleh Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jawa Timur. Pemeriksaan ini terkait dugaan penyelewengan dana kebencanaan.

Berdasarkan pantauan media, Cak Thoriq (CT) tiba di Polda Jatim pukul 14.00 WIB dan langsung menuju gedung Ditreskrimsus.

banner 300600

Dari kutipan sejumlah media online nasional, Kombes Pol Luthfie Sulistiwawan, Dirreskrimsus Polda Jatim, membenarkan pemeriksaan tersebut. Namun, Luthfie belum bisa memberikan detail lebih lanjut mengenai hasil pemeriksaan karena proses masih dalam tahap penyelidikan.

“Masih pemeriksaan awal, masih didalami,” ujar Luthfie kepada wartawan, Selasa (3/9/2024).

Thoriqul Haq menanggapi atau mengklarifikasi kepada media terkait masalah ini, usai pemeriksaan di Polda Jatim.

“Hanya diajak berdiskusi saja, lembaga mana saja yang menyalurkan bantuannya kepada bencana Gunung Semeru,” jelasnya.

Diterangkan CT, ada beberapa lembaga yang menerima bantuan dari internal lembaganya, dan langsung disalurkan kepada warga terdampak. Dan kata CT, banyak lembaga belum melaporkan hasil penyaluran bantuannya tersebut, khususnya Pramuka.

“BPBD menerima dari Pemkab lain dan masuk kas daerah, Lazismu, Lazisnu dan Pramuka itu mendapatkan bantuan dari internalnya sendiri, kita hanya diajak diskusi saja,” terangnya lagi.

Pada saat CT diperiksa Polda Jatim terkait kebencanaan, disampaikan bahwa, sejumlah NGO dan lembaga belum melakukan laporan, termasuk Pramuka. Menyikapi hal tersebut, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lumajang, Kak Indah Amperawati (Bunda Indah) hanya tersenyum saja.

“Hehe Pramuka itu tertib, dan tidak korupsi. Dan itu juga donaturnya dari keluarga besar Pramuka sendiri,” ungkap mantan Wakil Bupati (Wabup) Lumajang ini, Rabu (4/9/2024).

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *