Sehingga iklan akan muncul ketika audiens memiliki intent mencari informasi menggunakan keyword terkait.
Lokasi: menentukan area geografis area penampilan iklan. Sehingga, ketika audiens dari area tertentu mencari informasi terkait produk, iklan akan muncul. Penargetan ini lebih cocok untuk bisnis kecil yang memasarkan produknya secara lokal.
Demografi: menentukan kepada siapa iklan akan muncul. Sehingga, iklan dapat muncul kepada target audience berdasarkan informasi demografi yang ditentukan, seperti rentang usia atau jenis kelamin.
2. Mengoptimalkan Anggaran untuk ROI yang Maksimal
Memasang iklan digital tanpa pengaturan dan strategi yang tepat bisa saja mendatangkan kerugian. Di lain sisi, PPC membebaskan pemasar untuk menentukan sendiri biaya yang ingin dikeluarkan.
PPC menawarkan beberapa model pembayaran, seperti:
CPC (cost per click), biaya yang dihitung tiap pengguna mengklik iklan;
CPM (cost per mille), biaya yang dihitung berdasarkan per 1000 tayangan;
CPA (cost per acquisition), biaya yang dihitung berdasarkan jumlah konversi.
Ketentuan pembayaran tersebut bisa saja berbeda-beda tergantung platform PPC yang akan digunakan. Selain itu,
Teknik Mengoptimalkan Anggaran dalam Kampanye PPC
Agar anggaran dapat terpakai secara optimal, bisnis dapat menggunakan beberapa teknik. Seperti menguji kampanye dengan A/B testing; yaitu, membandingkan dua versi iklan yang berbeda untuk melihat mana yang paling efektif.
Dalam pengujian ini, bisnis dapat menguji beberapa hal, seperti headline iklan, deskripsi iklan, gambar dan video yang digunakan, maupun teknik call to action yang dipakai.
Selain A/B testing, ada pula penggunaan fitur “negative keyword” untuk mengecualikan keyword tertentu agar iklan tidak muncul dalam hasil pencarian yang tidak relevan.
Misalnya, bisnismu ingin memasarkan produk tas mewah, maka kamu perlu mengecualikan kata “murah” sehingga iklan tidak muncul saat audiens mencari menggunakan keyword “tas murah.”
Dengan teknik-teknik tersebut, bisnis dapat memperluas jangkauan pemasaran dengan biaya seminimal mungkin.
3. Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat
PPC juga dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek dengan cepat. Bila dibandingkan dengan SEO yang mengandalkan pemasaran secara organik, PPC dapat secara cepat memberikan eksposur kepada audiens yang tepat.
Dengan menampilkan iklan di mesin pencarian, media sosial, maupun website populer lain, bisnis dapat mengenalkan merek tanpa harus meningkatkan peringkat secara organik.