Artikel

3 Keuntungan Strategi PPC Advertising dalam Digital Marketing

16
×

3 Keuntungan Strategi PPC Advertising dalam Digital Marketing

Sebarkan artikel ini
PPC
Foto illustrasi

BERITABANGSA.ID – PPC advertising sudah menjadi strategi yang umum dalam digital marketing. PPC (pay-per-click) artinya pemasar digital membayar biaya setiap pengunjung mengklik iklan tersebut.

Iklan biasanya akan ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian dengan label “sponsored.” Meski demikian, layanan PPC tidak hanya ditawarkan oleh Google Ads saja, beberapa platform media sosial juga menawarkan layanan ini, seperti Instagram Ads, dan Facebook Ads,Youtube ads dan masih banyak lagi.

PPC memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan konversi penjualan. Namun, apakah hanya itu? Dalam artikel ini, kamu akan menemukan jawabannya. Karena kita akan membahas empat keuntungan PPC advertising dalam strategi digital marketing.

1. Mencapai Target Audiens yang Tepat

PPC advertising menggunakan teknik targeting, sehingga bisnis dapat mencapai target audiens yang tepat. Singkatnya, PPC adalah versi berbayar dari strategi SEO (search engine optimization).

Bedanya, dalam PPC pemasar dapat mengatur kendali penuh atas anggaran, penargetan serta penempatan iklan. Kebutuhan antara memilih PPC dan SEO akan bergantung kepada kebutuhan serta anggaran pemasaran.

Namun, dengan audience targeting, bisnis dapat merasakan beberapa manfaat, seperti, menampilkan iklan pada target audiens yang potensial, mengurangi pemborosan anggaran karena jumlah klik yang tidak relevan, meningkatkan rasio konversi dari PPC.

Strategi Audience Targeting Agar PPC Berhasil dengan Optimal

Untuk menentukan target audiens, bisnis dapat menggunakan dua strategi, yaitu:
penggunaan custom audience dan lookalike audience, atau
segmentasi audiens.

Custom audience artinya menargetkan audiens yang sebelumnya telah berinteraksi dengan bisnis. Untuk menentukannya, bisnis dapat memanfaatkan data pengunjung website, pengikut akun media sosial, hingga daftar email pelanggan.

Sedangkan, lookalike audience artinya menargetkan audiens baru yang memiliki karakteristik sama dengan pelanggan lama.

Bisnis perlu menggunakan data custom audience selama 3 bulan terakhir. Dengan cara ini, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

Selain itu, bisnis juga dapat menggunakan segmentasi audiens. Penargetan berdasarkan segmentasi ini biasanya dapat dibagi menjadi berbagai basis, seperti:

Perilaku dan minat: menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk dan banyak digunakan dalam mesin pencarian google.

>>> Ikuti saluran whatsapp beritabangsa.id
Example 468x60Example 468x60Example 468x60 Example 468x60