BERITABANGSA.ID, SURABAYA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memberlakukan grafik perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 mulai 1 Februari 2025.
Kebijakan ini juga akan memengaruhi jadwal perjalanan kereta api di wilayah KAI Daop 8 Surabaya.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan bahwa penerapan Gapeka 2025 merupakan langkah peningkatan kualitas layanan kepada pelanggan.
Gapeka, lanjutnya, adalah pedoman pengaturan perjalanan kereta api yang digambarkan secara grafis.
Pedoman ini mencakup jadwal keberangkatan, pemberhentian, waktu tempuh, dan posisi perjalanan kereta api.
“Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2025 adalah efisiensi waktu perjalanan. Ada penghematan waktu perjalanan KA jarak jauh sebesar 440 menit per hari, meliputi 54 menit pada KA Argo, 82 menit pada KA Eksekutif, 239 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan 65 menit pada KA Ekonomi,” kata Luqman Arif.
Pada Gapeka 2025, terdapat KA jarak jauh baru yang diberangkatkan dari wilayah Daop 8 Surabaya, yaitu:
– KA Harina Pagi (Bandung-Cikampek-Surabaya Pasarturi) PP
– KA Mutiara Timur (Surabaya Pasarturi-Ketapang)
– KA Sancaka Utara Fakultatif (Cilacap-Solo Balapan-Gundih-Surabaya Pasarturi) PP
– KA Ijen Ekspres Fakultatif (Malang-Ketapang) PP
– KA Argo Anjasmoro Fakultatif (Surabaya Pasarturi-Gambir) PP
Luqman juga menjelaskan bahwa perubahan Gapeka 2025 didukung oleh berbagai faktor, seperti penyelesaian jalur ganda lintas Sepanjang-Mojokerto dan pergantian prasarana di wilayah Daop 8 Surabaya.
Hal ini berdampak pada peningkatan kecepatan dan efisiensi waktu tempuh perjalanan kereta api.
Masyarakat yang berencana melakukan perjalanan pada atau setelah 1 Februari 2025 disarankan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, atau mitra resmi penjualan tiket.
“Kami mengimbau pelanggan untuk memperhatikan jadwal yang tertera pada tiket terkait penerapan Gapeka 2025,” ujar Luqman.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal terbaru KA mulai 1 Februari 2025, pelanggan dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau melalui media sosial KAI121.
>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id