BERITABANGSA.ID, SURABAYA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat lonjakan jumlah pelanggan menjelang berakhirnya masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Berdasarkan data hingga Jumat (3/1) pukul 10.00 WIB, sebanyak 33.332 pelanggan menggunakan layanan kereta api di wilayah ini.
“Sebanyak 17.246 pelanggan berangkat dari Daop 8 Surabaya, sementara 16.086 pelanggan tiba di wilayah kami,” ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.
Ia menambahkan jumlah tersebut masih dapat meningkat karena penjualan tiket terus berlangsung.
Destinasi favorit para pelanggan selama masa libur Nataru adalah Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Ketapang.
Sejak dimulainya masa libur pada 19 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025, tercatat total 345.861 pelanggan berangkat dari Daop 8 Surabaya.
“Untuk pemesanan tiket selama periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, tercatat sebanyak 373.970 pelanggan berangkat dari Daop 8 Surabaya,” terangnya.
Selama masa libur, beberapa kereta api jarak jauh menjadi pilihan utama pelanggan. Kereta-kereta tersebut antara lain:
1. KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen.
2. KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen.
3. KA Ambarawa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol.
4. KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng – Ketapang.
5. KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong.
6.KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta.
7. KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang.
8. KA Malabar relasi Malang – Bandung.
Selama masa libur Nataru 2024/2025, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 54 kereta api jarak jauh.
“Kami menjalankan 46 KA reguler, 6 KA tambahan, serta 2 KA lokal komersial tambahan dengan kapasitas hingga 30.582 tempat duduk per hari,” ungkap Luqman.
>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id.