Seni Budaya

Senandung Dewi Hyang Argopuro ke-8: dari Lokal Jadi Kebanggaan Global

53
×

Senandung Dewi Hyang Argopuro ke-8: dari Lokal Jadi Kebanggaan Global

Sebarkan artikel ini
Sendang Tirta Amerta Rajasa

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Senandung Dewi Hyang Argopuro kembali digelar di Desa/Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu 14-15 September 2024.

banner 300600

Dinamakan Hyang Argopuro Fest karena Desa Arjasa berada di kaki gunung Argopuro, yang menjadi tempat bertapa Dewi Rengganis.

Festival ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember serta Kelompok Sadar Wisata Desa Arjasa.

Hari pertama, dilaksanakan upacara adat Mendak Tirta Manggala Hyang, yang berlangsung di Sendang Tirta Amerta Rajasa, Desa Arjasa.

Mendak Tirta Manggala Hyang merupakan prosesi pengambilan air suci untuk pembersihan dan penyucian diri. Ritual ini dimulai dengan berdoa, yang diiringi dengan tabuhan musik tradisional.

Pengambilan tirta

Sedangkan Sendang Tirta Amerta Rajasa merupakan patirtaan peninggalan hindu jawa kuno sejak tahun 600 saka, untuk keperluan melukat atau menyucikan diri bagi umat Hindu. Di sendang ini juga terdapat peninggalan beberapa batu dari zaman Megalitikum.

Kepala Disparbud Jember, Bambang Rudianto menyampaikan, desa wisata Arjasa, merupakan salah satu dari enam desa yang dinobatkan oleh Kemenparekraf RI untuk menyelenggarakan Senandung Dewi (Semarak Even Unggulan di Desa Wisata), yang merupakan langkah Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan ke desa wisata.

“Dalam rangkaian festival ini juga ditampilkan tarian Ta’ Butaan yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda,” ujar Rudianto.

Selain itu, juga terdapat sajian unik berupa Nasi Gudug, kuliner khas Desa Arjasa, berupa nasi dengan sari daun gempol, disajikan dengan aneka sayuran seperti nangka muda, kacang panjang serta daun singkong.

Dengan teknik memasak warisan leluhur warga Desa Arjasa, daun gempol yang banyak ditemui di pematang sawah ini dapat menyembuhkan tumor, bisul serta wasir.

“Rasanya sangat khas, Anda harus ke Desa Arjasa untuk menikmati Nasi Gudug ini,” ajaknya.

>>> Baca berita lainnya di google news beritabangsa.id 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *