Pendidikan

Delegasi FH UNAIR Raih Juara I Esai Hukum

31
×

Delegasi FH UNAIR Raih Juara I Esai Hukum

Sebarkan artikel ini
Esai Hukum Unair
Delegasi FH Unair dan trophy juara 1 Lomba esai hukum

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Delegasi Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menyabet gelar juara I lomba esai hukum.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Kajian Keilmuan FH UI. Delegasi FH Unair beranggotakan Frederick Binsar Gamaliel Manurung dan Yono Sugi Anom Darmawan.

banner 300600

Lomba esai hukum berlangsung selama satu bulan, mulai dari tahapan pengumpulan naskah hingga pengumuman juara pada Minggu (1/9/2024).

Pembangunan Ibu Kota Nusantara, Yono Sugi Anom, atau yang akrab disapa Anom mengatakan lomba esai hukum itu membahas tentang pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mereka tidak hanya fokus mengenai kebijakan hukum, tetapi juga mengenai aspek lingkungan, ekonomi, dan teknologi yang diterapkan dalam pembangunan ibukota nusantara.

“Kami sangat senang untuk berpartisipasi mengenai pemikiran kritis sebagai mahasiswa hukum melalui lomba esai. Pemikiran yang kami tulis dalam esai membahas pentingnya upaya litigasi dalam pembangunan IKN yang berdasarkan pada prinsip partisipasi bermakna ‘meaningful participation’ sebagai cerminan dari pemerintahan yang berorientasi pada ekokrasi,” ungkapnya.

Anom menjelaskan bahwa lomba esai hukum ini selain memberikan pendapat mengenai kebijakan Ibu Kota Nusantara, tetapi juga memberikan solusi.

“Kami memberikan solusi mengenai kebijakan berorientasi pada ekokrasi yakni konsep yang berfokus pada keberlanjutan dan keharmonisan antara pembangunan dan lingkungan,” jelasnya.

Kerja Keras dan Komitmen

Anom mengatakan bahwa kerja keras dan komitmen menjadi kunci keberhasilan meraih juara. Persiapan yang berlangsung selama lima hari, menjadi tantangan untuk memberikan hasil pemikiran kritis yang ditulis pada lomba esai hukum itu.

Ia menambahkan bahwa meskipun persiapan berjalan singkat, justru memberikan semangat untuk menjadi yang terbaik.

Anom menjelaskan bahwa untuk meraih juara lomba esai, harus paham mengenai topik dan alur berpikir dalam menulis.

“Meskipun ini pertama kalinya kami berpartisipasi dalam lomba esai hukum, tetapi kami melaksanakannya dengan semangat dan dedikasi tinggi untuk juara,” ucapnya.

Banyaknya peserta yang ikut dalam lomba esai hukum ini tidak menjadikan delegasi FH Unair untuk pantang menyerah.

Menurut Anom, dukungan dari Unair serta organisasi MYMA FH Unair, mampu memberikan dampak positif terhadap keberhasilan lombanya.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak, serta kami berkomitmen untuk ke depannya terus mengikuti perlombaan baik di tingkat nasional hingga internasional,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *