Terkini

Puskesmas Pucanglaban Sosialisasi UKS

149
×

Puskesmas Pucanglaban Sosialisasi UKS

Sebarkan artikel ini
Puskesmas Pucanglaban
UKS MTsN 8 Tulungagung sedang mendapatkan materi atau pelatihan pertolongan pertama saat ada kejadian di lingkup sekolah oleh tim programmer dari Puskesmas Kecamatan Pucanglaban

BERITABANGSA.ID, TULUNGAGUNG – Puskesmas Kecamatan Pucanglaban sosialisasi tentang usaha kesehatan sekolah (UKS), di sekolah negeri se-kecamatan setempat, Jumat (30/8/2024).

Pesertanya adalah UKS lembaga sekolah negeri yang ada di wilayah Kecamatan Pucanglaban mulai dari SDN, SMPN serta MTsN.

banner 300600

UKS sendiri merupakan upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta derajat kesehatan peserta didik melalui pelaksanaan Trias UKS.

Pendidikan kesehatan melalui peningkatan pengetahuan secara intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dan pembiasaan PHBS.

Melalui pencegahan penyakit seperti; imunisasi dan minum obat cacing.

Untuk upaya pembinaan lingkungan sekolah sehat dengan melengkapi sarana prasarana PHBS, antara lain air bersih, toilet, tempat cuci tangan, tempat sampah, saluran drainase.

Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah bertujuan meningkatkan kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan PHBS dan lingkungan sekolah yang sehat sehingga memungkinkan peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Kepala MTsN 8 Tulungagung, Yayuk Winarti sangat mendukung pembinaan UKS agar dapat menjadi contoh siswa lain untuk berperilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada petugas UKS dari Puskesmas yang sudah memberikan pembelajaran dan pengetahuan serta pembinaan tentang kesehatan. Serta saya sangat mendukung program ini agar menjadikan contoh untuk siswa lain,” ucapnya.

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Pucanglaban Hanik Mudayati, berharap pembinaan dan skrining kesehatan oleh tim UKS Puskesmas Pucanglaban dapat meningkatkan derajat kesehatan pada anak usia sekolah.

“Semoga dengan sosialisasi sekaligus pembinaan terhadap anak usia sekolah dapat meningkatkan derajat kesehatan pada anak-anak usia sekolah,” harapnya.

Sementara itu programer UKS Zaeni, mengatakan pembinaan pada tim UKS sekolah atau dokter kecil (Dokcil) untuk siswa SD diharapkan siswa dapat mengimplementasikan tupoksi sebagai kader kesehatan sekolah.

“Dalam pembinaan dan sosialisasi tim UKS atau Dokcil di lembaga sekolah, supaya siswa diharapkan dapat mengimplementasikan tupoksi yang ditunjuk sebagai kader kesehatan di lembaga sekolah masing-masing agar bisa membantu dalam hal kesehatan,” tutupnya.

Itu semua sebagai strategi peningkatan mutu pembinaan dan pelaksanaan Trias UKS maka tim UKS Puskesmas Pucanglaban harus memperhatikan dan selalu melakukan pembinaan. Agar sekolah memenuhi seluruh indikator (pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat dan manajemen UKS/M) pada kelompok stratifikasi UKS. Di kutip dari arahan Kepala Puskesmas agar semua berjalan dengan lancar.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *