Terkini

Bupati Malang Buka Mabar di Embung Malangsuko Tumpang

88
×

Bupati Malang Buka Mabar di Embung Malangsuko Tumpang

Sebarkan artikel ini
Mabar
Bupati Malang Sanusi saat melepas maskot Mabar di embung Malangsuko. (Agus Sutiyono/ Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID, MALANG – Hari Jadi Kabupaten Malang (Harjama) ke-1264, dimanfaatkan Bupati Malang HM Sanusi MM, merilis ikan maskot dalam lomba mancing bareng (Mabar) di embung Desa Malangsuko, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, dengan hadiah jutaan rupiah, pada Senin (26/8/2024) pagi.

Bupati Malang kali ini didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU-SDA), Farid Habibah, Kepala Dinas Pendidikan, Suwadji, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Purwoto, dan jajaran Forkompimcam Tumpang.

banner 300600

Bupati Sanusi, saat membuka Mabar, menyampaikan keberadaan embung Desa Malangsuko, selain sebagai lahan konservasi juga diharapkan mampu menyejahterakan masyarakat sekitar.

Dalam rangka peringatan HUT RI dan menyambut Harjama ke-1264, Pemkab Malang kali ini ingin berbagi kebahagiaan dengan lomba mancing bareng sekaligus untuk menyalurkan hobi para pemancing.

“Memancing ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang, karena butuh kesabaran,” ujar Sanusi.

Di sini Bupati Malang meminta pihak desa dan DPU-SDA Malang serius mengelola Embung Malangsuko secara maksimal, yakni 4 wisata air.

Memperbaiki sarana bagi penghobi mancing, tempat duduk, dan kanopi peneduh.

Selain itu Bupati Sanusi juga berharap agar Dinas Perikanan menambah pasokan ikan dan benih supaya bisa dimanfaatkan warga sekitar terlebih sebagai tempat wisata air.

“Coba nanti ditebari lagi, di sini ditebari ikan satu kuintal yang agak besar karena dengan begitu Embung Malangsuko akan jadi wahana pariwisata, karena akan banyak penghobi berdatangan,” tuturnya.

Di acara ini bupati menyerahkan sepenuhnya pengelolaan kepada Pemdes bersama DPU-SDA Malang semisal soal karcis masuk dan lain-lain.

Sementara itu Kadis PU-SDA Pemkab Malang, Farid Habibah, menjelaskan Mabar ini diikuti 200 peserta.

Selain merayakan HUT ke-79, Kemerdekaan RI, juga diharapkan bisa membawa manfaat bagi warga sekitar.

Habibah menambahkan Embung Malangsuko bisa dimaanfaatkan untuk menampung air hujan, stok air saat kemarau dan konservasi.

Dia berharao masyarakat sekitar sama-sama menjaga, merawat dan melestarikan keberadaan Embung Malangsuko, agar terus bermanfaat bagi warga.

“Selain untuk wisata air dan memancing, Embung ini tolong dijaga kelestariannya karena bermanfaat untuk kelangsungan hidup ekosistem dan manusia sekitarnya,” pungkas Habibah.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *