BERITABANGSA.ID, MALANG – Bupati dan Wakil Bupati Malang HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto melaunching logo Hari Jadi Kabupaten Malang (Hadikama) ke-1264 saat grand final duta wisata Joko Roro 2024 di NK cafe Jalan Raya Kasin, Ampeldento, Kecamatan Karang Ploso, Sabtu (3/8/2024).
Pemilihan duta wisata Joko Roro 2024 ini mengambil tema Anglocita Abhraning Bhumi Singosari yang menceritakan masa bersinar dan kejayaan kerajaan Singhasari dengan didasari semangat Kertanegara yang memiliki mimpi dalam menyatukan Nusantara.
Selaras hal itu, Joko Roro terpilih diharapkan memiliki semangat Kertanegara dan serta memiliki karakter rendah hati dalam segala situasi dan keadaan.
Bupati Malang HM Sanusi bersama unsur Forkompimda sekaligus melaunching logo resmi Hadikama ke-1264.
Tema logo adalah “Menuju Kabupaten Malang Berbudaya, Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Global.”
Artinya, menggambarkan megahnya Kabupaten Malang melalui warna, elemen dan ornamen yang merepresentasikan filosofi, misi, dan visi dan semangat Hadikama.
Bupati Malang HM Sanusi mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian Hadikama ke-1264, sekaligus menjaring talenta berbakat yang siap aktif menggerakkan sektor pariwisata sebagai duta wisata Kabupaten Malang untuk dunia.
“Sebagai daerah dengan potensi besar untuk dikembangkan salah satunya adalah potensi wisata maka pemilihan duta wisata Joko Roro Kabupaten Malang 2024 menjadi salah satu ajang untuk mencari generasi muda yang dapat mewakili Kabupaten Malang dalam upaya melestarikan warisan seni dan budaya sekaligus menjadi garda terdepan dalam meneruskan potensi wisata untuk dunia,” ujar Bupati.
Bupati Malang mengungkapkan kreasi logo Hadikama ke-1264 menjadi wujud representasi tema sehingga mampu memberikan kesan positif citra visual bagi media promosi
Sementara itu, Ketua Panitia Hadikama ke- 1264, Suwadji kepada beritabangsa.id mengatakan, Malang adalah salah satu kota tertua di Jawa Timur, terus mengangkat potensi dan budaya lokal untuk dikenal mancanegara sehingga ekonomi kreatif mampu berkembang terus dengan icon pariwisata yang sudah Go Internasional.
“Tadi disampaikan Pak Bupati, banyak tempat wisata di Kabupaten Malang ini sudah punya nama di dunia internasional seperti Pujon Kidul, Bon Pring Turen, Desa Wisata Bowele termasuk juga Gunung Bromo,” terang Suwadji.
Suwadji berharap dengan spot wisata tersebut akan terus meningkat dan lebih dikenal lagi oleh wisatan lokal dan mancanegara.
“Dengan Hadikama, lokasi wisata, baik wisata alam, gunung dan pantai akan lebih banyak dikunjungi,” tandasnya.
Disinggung soal makna logo Hadikama ke-1264, Kepala Dinas Pendidikan ini, membeber ada 6 unsur, yakni mahkota kerajaan, bintang, angka 1 ilustrasi candi, angka 2 membentuk air, ornamen angka 6, dan angka 4 membentuk kombinasi beberapa candi.
“Mahkota melambangkan Kabupaten Malang sebagai daerah bersejarah di Indonesia seperti candi, museum, petirtaan, dan bangunan masa kerajaan yang menjadi cagar budaya yang harus dijaga dan dilestarikan, sedangkan bintang menunjukkan keberagaman budaya yang harus dijunjung tinggi toleransinya,” pungkasnya.
>>> Baca berita lainnya di google news beritabangsa.id