Pemerintahan

Pj Bupati: Koperasi Dukung UMKM Sejahterakan Masyarakat

59
×

Pj Bupati: Koperasi Dukung UMKM Sejahterakan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Magetan saat memberangkatkan jalan Sehat Hari Koperasi Ke-77

BERITABANGSA. ID, MAGETAN –  Hari Koperasi ke-77, dirayakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemerintah Kabupaten Magetan, dengan apel akbar dan olahraga bersama di area kampus 5 Unesa.

Pj Bupati Magetan, Hergunadi, menegaskan koperasi di Magetan mampu bersinergi dengan UMKM yang mampu melewati masa sulit saat masa pandemi Covid-19.

banner 300600

“UMKM di Magetan banyak bergerak di sejumlah sektor.
Untuk berusaha ini juga butuh permodalan, informasi, dan pasar. Koperasi menjadi jaringan dari UMKM untuk memenuhi semua itu,” ujarnya usai memberangkatkan gerak jalan sehat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kartini, menjelaskan di Magetan terdapat 150.000 UMKM sesuai data BPS sementara untuk koperasi di Kabupaten Magetan sebanyak 856 koperasi.

Dari 856 koperasi, sebanyak 521 koperasi yang sehat dan beroperasi. Lebih 300 koperasi dalam pengawasan karena kondisi tidak sehat.

“Tidak sehatnya karena dari sisi omset yang stagnan, tidak ada kegiatan, atau RAT,” katanya.

Karena tak sehat itu, maka Dinas Koperasi dan UMKM Magetan mengusulkan pembubaran 121 koperasi.

“Sudah kita usulkan ke kementerian untuk penghapusan 121 koperasi. Mereka punya izin, namun usaha mereka itu tidak jalan,” tegasnya.

Melalui apel akbar dan jalan santai, Kartini, berharap akan dapat mengedukasi generasi muda akan pentingnya koperasi dalam mendukung perekonomian di Kabupaten Magetan.

“Harapannya, banyak generasi muda memahami bahwa koperasi mampu mendukung perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *