Terkini

Desa Wringinanom Poncokusumo Terima Penghargaan Bergengsi ADWI 2024 dari Menparekraf

52
×

Desa Wringinanom Poncokusumo Terima Penghargaan Bergengsi ADWI 2024 dari Menparekraf

Sebarkan artikel ini
ADWI
Kades Wringinanom Ketua Pokdarwis saat menerima ADWI 2024 dari Menparekraf Sandiaga Uno

BERITABANGSA.ID, MALANG – Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno memberi penghargaan anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) 2024 kepada Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, yang berhasil masuk top 50 dari 6.016 desa wisata se-Indonesia, Sabtu (27/7/2024) sore.

Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, ke Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, disambut hangat
Wakil Bupati Didik Gatot Subroto, Ketua DPRD Darmadi, Kadisparbud Purwoto dan Kades Wringinanom, Ahmad Muslimin.

banner 300600

Dalam kunjungan kerja ini Sandiaga Uno mengucapkan selamat atas pencapaian prestasi Desa Wringinanom yang masuk top 50 besar terbaik seluruh Indonesia dan ke depan diharapkan mampu jadi desa wisata berkelanjutan dengan promosi dari Pokdarwis (kelompok sadar wisata).

“Saya sudah berkeliling desa wisata yang ada di Wringinanom walaupun agak sore, saya berkesempatan melihat kebun jeruk, pondok-pondok UMKM-nya, dan menikmati selada air khas desa sini,” ujar Sandiaga.

“Selain itu di desa wisata Wringinanom ini ada digitalisasi dan amenitas (fasilitas di luar akomodasi, seperti rumah makan, restoran, toko cenderamata, dan fasilitas umum seperti sarana ibadah, kesehatan, taman, dan lain-lain),” jelasnya.

Sandiaga Uno mengatakan dengan adanya desa wisata berkelanjutan, dia akan menyiapkan fasilitas dan memberikan bantuan berupa pelatihan, pendampingan, akses promosi dan pemasaran serta permodalan karena juga bermitra dengan dunia usaha.

Selanjutnya Menparekraf Sandiaga Uno, didampingi Wabup, Ketua DPRD, Kadisparbud dan Ketua Pokdarwis, keliling Desa Wringinanom menaiki Jeep dengan driver tour guide perempuan.

Menteri Sandiaga mengungkapkan baru kali pertama dia naik mobil Jeep dengan driver perempuan.

Terpisah, Kades Wringinanom, Ahmad Muslimin, menyampaikan terima kasih kepada seluruh Pokdarwis Wringinanom atas raihan prestasi top 50 besar ADWI 2024.

“Tahun depan kita akan mengikuti juga yang lebih tinggi sertifikasi-nya untuk desa wisata berkelanjutan dengan tantangan yang jauh lebih besar juga dan harapan kami Desa Wringinanom bisa masuk 10 besar tingkat nasional,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *