Terkini

SAGA Remo, Maskot Nyentrik PIMNAS 37

64
×

SAGA Remo, Maskot Nyentrik PIMNAS 37

Sebarkan artikel ini
Maskot Pimnas

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Universitas Airlangga (Unair) tengah bersiap menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke- 37.

Gelaran akbar ini akan berlangsung pada Oktober 2024 mendatang. Dalam hal ini, Unair telah menyiapkan maskot khusus untuk menyambut Pimnas ke-37.

banner 300600

Arya Adi Budiman, sang kreator mengatakan bahwa maskot ini terinspirasi dari sosok Satria Airlangga atau SAGA.

SAGA sebenarnya telah eksis di kalangan civitas academica Unair sejak 2012 dan kerap muncul pada acara-acara tertentu seperti dies natalis hingga penyambutan mahasiswa baru.

Khusus pada gelaran PIMNAS ke-37, SAGA akan tampil berbeda. Kali ini SAGA tampil dengan ciri khas budaya Jawa Timur yaitu Tari Remo. Karena itu, SAGA akan bertransformasi menjadi SAGA Remo pada Pimnas ke-37.

Menurut Arya, Tari Remo dipilih karena selain menjadi ciri khas budaya, juga menggambarkan semangat juang dan keberanian.

“Tari Remo menggambarkan semangat juang dan keberanian para ksatria Jawa Timur untuk mempertahankan tanah airnya. Tarian ini memiliki gerakan yang indah dan menjadi ciri khas yang melekat dengan Jawa Timur,” katanya.

Gerakan tari yang SAGA Remo tampilkan menunjukkan angka 37. Hal tersebut dapat terlihat dari kepala yang menghadap kanan seolah membentuk angka tiga.

Tangan kanan SAGA Remo terangkat tinggi. Sementara telapak tangan miring ke kanan seolah membentuk angka tujuh.

“Gerakan tarian ini merepresentasikan angka 37 untuk menyambut PIMNAS ke-37 di UNAIR,” tutur Arya.

Unsur budaya yang melekat pada SAGA Remo menjadikan tampilan maskot menjadi lebih nyentrik.

Udeng khas Surabaya yang berwarna merah melekat pada kepala SAGA Remo. Batik Remo Surabayan karya Umi Badriyah turut menghiasi kostum milik SAGA Remo.

Selendang tari berwarna merah, serta Gongseng Remo yang terpasang di kaki menjadi pelengkap yang tak terlupakan.

Warna yang menghiasi Saga Remo juga beragam terdiri dari biru, kuning, merah, dan putih. “Maskot SAGA Remo mengandung unsur budaya seperti udeng khas Surabaya, batik remo Surabayan, selendang tari, dan Gongseng Remo yang menjadi pelengkapnya,” jelas Arya.

SAGA Remo nantinya akan menyapa seluruh hadirin yang datang pada gelaran PIMNAS ke- 37. SAGA Remo juga akan menghiasi berbagai cinderamata PIMNAS ke- 37 seperti hoodie, mug, topi, sweater, hingga gantungan kunci.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *