Terkini

LPPD Gelar Silaturahmi Akbar, Khofifah Dorong Lulusan Pesantren Jadi Pembelajar Sejati

98
×

LPPD Gelar Silaturahmi Akbar, Khofifah Dorong Lulusan Pesantren Jadi Pembelajar Sejati

Sebarkan artikel ini
silaturahmi akbar
Foto bersama saat silaturahmi akbar LPPD

Menurut mantan Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini, kebijakan afirmatif menjadi cara untuk mewujudkan kesetaraan akses.

Khususnya untuk memberikan hak yang sama pada mereka yang tidak menjangkau pendidikan tinggi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya menaikkan kualitas, kapasitas dan kompetensi.

banner 300600

“Selain itu juga meningkatkan mobilitas social, mengangkat harkat martabat dan status social dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat demi memutus mata rantai kemiskinan,” tegasnya.

Khofifah Indar Parawansa saat memberikan sambutan

Namun yang harus dicatat, ditegaskan Khofifah adalah ketepatan affirmative-equity policy. Dimana yang dibutuhkan adalah equity bukan sekadar equality. Sebagaimana diketahui, Equality berarti setiap individu atau kelompok orang diberikan sumber daya atau peluang yang sama.

“Sedangkan afirmasi berlandaskan Equity memberikan bantuan sesuai dengan keadaan setiap orang, dimana setiap orang memiliki keadaan yang berbeda sehingga tepat dibutuhkan untuk bisa mencapai hasil yang setara. Inilah yang dibutuhkan, afirmasi equity,” tandas Khofifah.

Lebih lanjut Khofifah pun menegaskan bahwa generasi yang saat ini harus disiapkan untuk menyambut Indonesia Emas 2045.

Menuju Indonesia Emas, dibutuhkan generasi yang memiliki nasionalisme yang kuat, memiliki personal quotient yang tinggi mulai dari IQ, EQ, SQ dan juga AQ, serta memiliki penguasaan pada Digital Quotient yang meliputi digital citizenship, digital creativity dan digital entrepreneurship.

“Maka menyambut masa depan Indonesia Emas 2045 tersebut, pendidikan pesantren adalah factor kunci populasi usia produktif menjadi bonus demograsi. Kalau tidak dioptimalkan maka justru akan menjadi bencana demografi,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *