Pemerintahan

Ketua DPRD Magetan Hadiri Literasi Digital Untuk Cakap Digital

46
×

Ketua DPRD Magetan Hadiri Literasi Digital Untuk Cakap Digital

Sebarkan artikel ini
Cakap Digital

BERITABANGSA. ID, MAGETAN – Pemerintah Magetan melalui Dinas Kominfo menggelar acara “Makin Cakap Digital 2024” dengan panggung yang cukup meriah, menghadirkan artis Jawa Timur yang sedang naik daun, di lapangan Secata Rindam V Brawijaya, Sabtu,(20/7/2024)malam.

Acara dihadiri Pj Bupati Magetan, Ir Hergunadi, Ketua DPRD Magetan, Haji Sujatno, DanSecata Magetan Rindam V/Brawijaya Letkol Infanteri Seco Wiguno, (Dandim) 0804, Letkol Inf Hasan Dasuki,
Kapolres Magetan AKBP Satria Permana SH SIK MT, para OPD dan undangan.

banner 300600

Literasi digital mengambil tema “Menjadi Netizen yang Bijak dalam Bermedia Sosial,” acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan kecakapan masyarakat dalam menggunakan media digital secara bijak.

Menghadirkan beberapa narasumber dari praktisi media digital seperti Andik Fajar Kurniawan, Alam Kubara Hendriharto dan Bayu Oktara.

Andi Fajar Kurniawan, Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Magetan, berbagi pengetahuan bagaimana agar aman bermedia sosial.

Fajar menjelaskan, Tidak ada yang aman 100% di dunia digital. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi risiko sebanyak mungkin. Keamanan berbanding terbalik dengan kemudahan, sedikit waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital.

Fajar kemudian memberikan tips untuk mengaktifkan 2FA (Two-Factor Authentication) atau fitur keamanan tambahan dengan menggunakan proses verifikasi ganda untuk melindungi akun.

Narasumber ke dua Alam Kubara Hendriharto dari Digital Advisor Academy berbagi pengetahuan bagaimana bisa cakap digital yaitu kita harus tahu dan memahami ragam perangkat lunak yang menyusun landskap digital, seleksi dan verifikasi informasi yang didapat, serta menggunakan informasi tersebut untuk kebaikan diri dan pengguna media lain.

Yang ketiga Bayu Oktara, pemerhati media digital, menekankan bagaimana etika dalam bermedia digital.
hormati pengguna media digital lain. Yang terpenting, hindari hoax sehingga berita yang disebar benar dan menjaga etika dalam berkomunikasi di dunia digital.

Dalam acara yang sama Pj Bupati Magetan, Ir Hergunadi, berpesan mengingatkan masyarakat Magetan agar semakin bijak dalam bermedia digital.

Akses kemudahan dalam bermedia digital juga membawa risiko. Rekam jejak digital semakin sulit dihapus, sehingga kita perlu bertindak bijak dan positif dalam menggunakan media digital.

Acara semakin tambah meriah hadirnya Gilga Sahid, bersama band akustiknya, Gildcustik. Yang ditunggu tunggu para penonton yang hadir di lapangan Secata.

Di atas panggung Gilga melantunkan lagu-lagu yang hits, yang mana lagunya banyak yang digemari para kawula muda serta lanjut usia, di season lagu terakhir bernyanyi bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Magetan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *