Pendidikan

Berkat Universitas Terbuka Surabaya, Puluhan Napi di Lapas Madiun Bisa Belajar Sampai Sarjana

72
×

Berkat Universitas Terbuka Surabaya, Puluhan Napi di Lapas Madiun Bisa Belajar Sampai Sarjana

Sebarkan artikel ini
Universitas Terbuka

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Terobosan baru di dunia pendidikan Universitas Terbuka Surabaya bekerja sama dengan Pemkot Madiun, Jawa Timur dengan mengajar puluhan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Madiun. Mereka rencananya menempuh pendidikan di lapas ini hingga lulus sarjana.

Sampai saat ini masih ada 20 narapidana di Lapas Madiun, Jawa Timur yang mendapat beasiswa pendidikan S1 dari Pemerintah Kota Madiun.

banner 300600

Mereka saat ini telah semester III dan rencananya akan berlangsung hingga 8 semester. Sehingga para napi tersebut tidak menutup kemungkinan mendapat gelar sarjana saat berada di dalam lapas.

Terobosan baru di duna pendidikan ini dilakukan Universitas Terbuka Surabaya bekerjasama dengan Pemkot Madiun, sejak 2023 lalu.

Ide ini muncul dari Wali Kota Madiun, Meidi, yang menginginkan para Napi di dalam lapas Madiun bisa juga menimba ilmu pendidikan hingga sarjana.

“Mereka tetap menjalani hukuman sebagai konsekuensi. Tetapi masa menjalani hukuman tersebut bagaimana bisa lebih optimal dengan juga menjalani pendidikan formal. Para narapidana tersebut berhak untuk menggapai masa depan usai menjalani hukuman,” ungkap Meidi, saat itu.

Hal tersebut juga dibenarkan Direktur Universitas Terbuka Surabaya, Dr Suparti, MPd, terkait program beasiswa pendidikan untuk narapidana di Lapas Madiun. Menurutnya, memang program tersebut ide dari Wali Kota Madiun Meidi, yang juga merupakan alumni UT Surabaya.

“Saat itu beliau (Meidi) mahasiswa UT dan sudah lulus program S3. Jadi beliau menjadi wisudawan perdana program Doktor. Nah, pak wali kemudian mencanangkan semua warga harus berhak mendapatkan Pendidikan, termasuk warga binaan Lapas. Waktu itu di Lapas 1 Madiun, “ ungkap Dr Suparti MPd, Direktur UT Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *