Terkini

Majelis Ar-Rohimin: Keutamaan Bulan Muharram dan Walimatul Khitan

101
×

Majelis Ar-Rohimin: Keutamaan Bulan Muharram dan Walimatul Khitan

Sebarkan artikel ini
Khitan
Suasana saat walimatul khitan dan selawatan di Majelis Ar-Rohimin

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Di tengah arus modernisasi di kalangan masyarakat urban, tradisi walimatul khitan masih tetap eksis di kalangan warga nahdliyyin.

Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas pemberian nikmat dari Allah SWT serta sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada orang tua dan keluarga atas perlindungan dan perawatan selama khitan.

banner 300600

Di samping itu pula tujuannya adalah mempererat tali silaturahmi solidaritas dan kerukunan antar warga.

Seperti yang dilakukan oleh seorang tokoh masyarakat di kampung Tambak Dalam Baru kecamatan Asemrowo, Surabaya, Haji Abdul Rohim, Rabu (17/7/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan acara rutinan Majelis Ar-Rohimin yang digelar tiap Rabu malam.

Rangkaian kegiatan digelar, mulai dari khotmil quran hingga pembacaan selawat nabi dengan menghadirkan sejumlah habaib dan para kyai serta pejabat di lingkungan Kecamatan Asemrowo.

Menurutnya, tradisi walimatul khitan merupakan hal yang harus dilestarikan sebagai bagian dari budaya nusantara.

“Dan juga ini merupakan momen penting dari seorang anak untuk menuju ke tingkat kedewasaan selanjutnya, seperti yang telah disampaikan oleh Habib Musthofa dalam ceramahnya tadi,” jelas Abdul Rohim.

Harapan dari pembina Majelis Ar-Rohimin ini adalah, ketika anaknya sudah dikhitan, agar kedewasaan bertambah, berbakti kepada orang tua dan terutama adalah ibadahnya kepada Allah jangan sampai dilupakan.

“Semoga kelak anak-anak kami ini bisa membuat bangga kedua orang tua dan bisa menjadi generasi bangsa yang berjiwa amanah sesuai ajaran Islam,” harapnya.

Di singgung terkait wisata religi yang menjadi program Majelis Ar-Rohimin, pengusaha muda ini menyampaikan masih dalam proses pembenahan.

“Ditunggu saja, insyaallah akan ada kejutan nanti saat launching,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *