Seni Budaya

Peragaan Busana Jawa Lawas Ki Purwa Heritage Festival 2024 Diramaikan Guk Yuk Jombang

67
×

Peragaan Busana Jawa Lawas Ki Purwa Heritage Festival 2024 Diramaikan Guk Yuk Jombang

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Ada yang menarik dalam rangkaian Ki Purwa Heritage Festival (KPHF) I, 2024, yang ditutup tadi malam, Minggu (14/7/2024).

Selain dihadiri juri dari talent Jember Fashion Carnival (JFC), kemudian juara umum model 2005 peraih undangan khusus Sultan Brunei Darussalam, Rezzi Rosydta, juga diramaikan dari Yuk Jombang.

banner 300600

Didampingi official Guk dan Yuk Jombang, Mario, peragaan busana semakin meriah. Ada dua kategori yang berhasil dijaring KPHF 2024, yakni kategori anak-anak dan dewasa.

“Karena lategori remaja yang mendaftar baru satu, jadi ditiadakan. Namun antusias tinggi dari anak-anak dan dewasa,” ujar M Ridho, talent Sanggar Tri Purwo Budoyo, yang juga koordinator fashion show.

Menurut Ridho, peserta kategori anak-anak berhasil dijaring juara I hingga 6, yakni harapan 1,2 dan 3.
Sementara dewasa, terjaring juara I, II dan III.

Publik Desa Jatiduwur pun gemuruh bertepuk tangan, Apalagi saat ada peserta dewasa dari desa setempat yang berpakaian ala petani dan kakek bertongkat.

Bahkan mereka kagum dengan busana yang dikenakan juri dari Jember. Mereka mengenakan busana ala Jember Fashion Carnival yang kesohor itu.

“Itu fashion Jawa lawas dengan aksen modern, mengenakan mahkota, itu menambah kekaguman kita,” ujar Bu Wida.

Yuk Jombang, Sandra yang menjadi juri lomba mengatakan bahwa antusiasme dan semangat peserta sangat tinggi. Dia heran sekelas di desa suasana sudah mirip di ajang perlombaan festival di kota.

Sementara itu, Sulastri, Ketua Yayasan Sanggar Seni Wayang Topeng Tri Purwo Budoyo, bersyukur acara berjalan lancar tanpa halangan berarti.

“Selama 10 hari akhirnya bisa dilalui dengan baik. Rangkaian acara tertata dengan baik. Alhamdulillah semangat talent muda dan apresiasi terhadap Ki Purwa Heritage Festival 2024 sangat tinggi,” tukasnya.

Sementara itu, Mas Hakim, Ketua Pelaksana, yang juga pengurus PWI Jatim ini mengatakan KPHF 2024 digelar di tahun I spektakuler ini adalah membentuk pondasi di KPHF 2025.

“Dulunya sederhana tidak ada acara seni music, bazar dan pertunjukan lain. Kecuali ritual. Kali ini lengkap. Ada religi, tradisi, modern, dangdut, jawa, ngidung, kentrung dan kirab,” ujarnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada para pihak di antaranya anggota DPR RI HM Sarmuji, Menparekraf RI Sandiaga S Uno, Pj Gubernur Jatim, Disparpora, terutama Disdikbud Pemkab Jombang yang menyupport acara ini.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *