Kesehatan

RSUD Tidar Magelang Belajar Rujukan Jantung ke RSUD dr Iskak Tulungagung

108
×

RSUD Tidar Magelang Belajar Rujukan Jantung ke RSUD dr Iskak Tulungagung

Sebarkan artikel ini
RSUD dr Iskak
Selesai pembelajaran terkait pelayanan rujukan jantung dilanjutkan sesi foto bersama, baik dari RSUD dr. Iskak dan RSUD Tidar Magelang

BERITABANGSA.ID, TULUNGAGUNG – Terkait layanan rujukan jantung RSUD dr Iskak Tulungagung menarik perhatian RSUD Tidar Kota Magelang untuk belajar lebih baik lagi, Kamis (11/7/2024).

Mereka berkunjung ke Tulungagung untuk mempelajari layanan yang sudah berhasil diterapkan.

banner 300600

Kunjungan dipimpin oleh direktur RSUD Tidar, dr Adi Pramono, SpOG (K) tim manajemen RSUD Tidar berharap dapat meningkatkan pengelolaan rujukan jantung seperti halnya RSUD dr Iskak.

“Tujuan kami untuk menimba ilmu di RSUD dr. Iskak, karena ke depan kita berusaha melayani masyarakat yang lebih luas,” ujar Adi Pramono, di Ruang Auditorium Gedung IDIK lantai 2.

Pelayanan rujukan jantung ini berupa katerisasi yang merupakan pemeriksaan gangguan pembuluh darah dan jantung dengan menggunakan kateter atau selang tipis yang dimasukkan ke pembuluh darah. Di RSUD dr Iskak, layanan ini dikenal dengan sebutan Laskar (Layanan Syndroma Koronaria Akut Terintegrasi).

Inovasi ini berfokus pada kecepatan, ketepatan, dan profesionalitas dalam penanganan kegawatan pasien serangan jantung tanpa diskriminasi. Semua pasien umum, peserta BPJS, maupun asuransi lain akan mendapatkan pelayanan yang cepat dan tepat.

Dengan cara ini, Laskar dapat menurunkan response time penanganan kegawatdaruratan jantung sehingga angka keberhasilannya meningkat. Laskar telah menyediakan layanan dimulai dari pre-hospital, inter hospital, dan intra hospital dengan membentuk tim Syndroma Koronaria Akut Terintegrasi.

Plt Direktur RSUD dr Iskak, dokter Zuhrotul Aini, menjelaskan perjalanan Laskar yang berliku. “Untuk menjadi Laskar perjalanannya panjang, butuh sekitar 8 tahun,” ujar Aini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *