Pemerintahan

Pemkab Magetan Rayakan Hari Krida Pertanian ke-52

70
×

Pemkab Magetan Rayakan Hari Krida Pertanian ke-52

Sebarkan artikel ini
Hari Krida Pertanian
Pj Bupati Magetan Hergunadi bersama Forkopimda saat merayakan Hari Krida pertanian di Gor Mageti

BERITABANGSA.ID, MAGETAN- Hari Krida Pertanian (HKP) 2024 tiap tanggal 21 Juni, diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dengan meriah.

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) menggelar serangkaian kegiatan di GOR Ki Mageti, 28-30 Juni 2024.

banner 300600

Dengan mengusung tema “Dari petani, oleh petani dan untuk petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional”, peringatan HKP ke-52 ini menekankan peran kunci petani dalam menghidupi banyak keluarga, keluarga mereka sendiri, dan kesejahteraan petani.

Acara tiga hari ini dibuka dengan perlombaan Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pirsawan (Kelopencapir) KTNA antar kecamatan Jumat (28/6).

Kegiatan ini mengingatkan generasi pra-reformasi dengan menggelar lomba cerdas cermat yang dulu sempat populer.

Hari ini, Sabtu (29/6), Penjabat (Pj) Bupati bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Magetan ikut meramaikan HKP 2024 yakni senam bersama dan jalan sehat.

Acara ini diberangkatkan langsung oleh Pj Bupati Magetan dan melibatkan lebih dari 2.500 petani serta anggota kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) se-Kabupaten Magetan.

Dalam sambutannya sebelum memberangkatkan jalan sehat, Pj Bupati Magetan menyampaikan apresiasinya kepada para petani yang telah bekerja keras menyediakan pangan bagi banyak orang.

“Masukan dari petani kepada Pemkab akan kami terima sehingga kebijakan yang diberikan bisa sejalan serta mampu memaksimalkan produktivitas pertanian di Magetan,” ujarnya.

Dia berharap peringatan HKP dapat menjadi ajang evaluasi untuk meningkatkan kegiatan pertanian di Magetan dan menciptakan kolaborasi yang efektif antara petani dan pemerintah.

Kepala Dinas TPHP Magetan, Uswatul Chasanah, menyatakan peringatan HKP merupakan sarana bersyukur bagi petani dan pelaku usaha di bidang pertanian.

“Dengan adanya acara ini, petani bisa berkumpul, berbagi pengetahuan melalui pameran dan cerdas cermat. Kami berharap acara ini dapat dilaksanakan secara rutin,” ungkap Uswatul.

Hari ini juga dilakukan penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) secara simbolis kepada sejumlah kelompok tani (Poktan) dan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba oleh Pj Bupati Magetan. Selain itu, pameran agribisnis resmi dibuka.

Setelah jalan sehat, acara semakin semarak dengan hadirnya gunungan tumpeng hasil bumi yang disambut antusias oleh para peserta. Ratusan doorprize menarik, termasuk hadiah utama berupa traktor roda tiga, turut memeriahkan suasana.

Besok, Minggu (30/6), peringatan HKP ke-52 akan ditutup dengan kontes jeruk Pamelo yang diikuti oleh kecamatan-kecamatan penghasil se Kabupaten Magetan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *