Terkini

Tips Memilih Hewan Kurban Yang Sehat dan Baik Menurut Pakar

159
×

Tips Memilih Hewan Kurban Yang Sehat dan Baik Menurut Pakar

Sebarkan artikel ini
Hewan kurban
Pakar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga, Prof. Dr. Suwarno, drh., MSi.

“Kambing atau domba yang telah berumur di atas satu tahun dapat ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Sedangkan, untuk sapi dan kerbau yang berumur diatas dua tahun umumnya telah memiliki sepasang gigi tetap,” ujar Prof Suwarno.

Kesejahteraan hewan kurban, sambung Prof Suwarno juga harus diperhatikan. Kesejahteraan itu meliputi hewan kurban harus terbebas dari rasa lapar, tidak nyaman dan rasa sakit atas penyakit serta melakukan perilaku alamiah seorang hewan.

banner 300600

“Layaknya manusia, hewan kurban harus sejahtera. Artinya, hewan kurban harus memiliki asupan gizi dan nutrisi harus baik. Selain itu, tempat tinggal hewan kurban harus diperhatikan, baik dari segi ukuran, suhu serta jarak antar hewan kurban lainnya. Penggunaan tali juga harus disesuaikan agar hewan tidak tercekik dan tidak nyaman,” jelasnya.

Tak lupa, Prof Suwarno mengimbau untuk membeli hewan kurban yang telah mendapatkan izin oleh pemerintah atau daerah setempat.

Kualitas hewan-hewan kurban dapat dipastikan berkualitas serta memenuhi syarat-syarat utama untuk menyembelih.

“Tidak kalah pentingnya, hewan kurban harus memiliki surat atau Sertifikat Kesehatan Hewan (SKHH) atau Sertifikat Veteriner (SV) yang dikeluarkan langsung oleh dokter hewan, paramedis profesional. Tidak sembarang orang untuk dapat mengeluarkan sertifikasi untuk hewan kurban,” tegasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *