Terkini

Kloter Pamungkas JCH Dilepas Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim

90
×

Kloter Pamungkas JCH Dilepas Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Kelompok Terbang (kloter) 106 adalah kloter terakhir yang diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Senin (10/6/2024) pukul 17.00 WIB menuju Bandara Juanda.

Kloter ini dijadwalkan terbang menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 21.15 WIB oleh maskapai Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV 5323.

Kloter 106 merupakan para jemaah haji gabungan dari Kabupaten Pamekasan, Sidoarjo, Gresik, dan Kota Surabaya.

Plt. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi melepas secara langsung pemberangkatan kloter pamungkas ini.

“Alhamdulilah, sore ini kita telah memberangkatkan kloter 106 yang merupakan kloter terakhir dari Embarkasi Surabaya,” tuturnya.

Mufi menjelaskan, hingga kloter 106, Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 39.264 orang yang terdiri dari 38.735 jemaah dan 529 petugas kloter.

“Patut kita syukuri tahun ini Jawa Timur lebih banyak memberangkatkan jemaah haji dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu kita berangkatkan 88 kloter, tahun ini ada 106 kloter,” ungkapnya.

Pria asal Bangkalan ini mengapresiasi kerja keras para petugas Embarkasi Surabaya yang sudah all out melayani para jemaah haji tanpa mengenal lelah maupun waktu.

“Hal ini tentunya akan menjadi kenangan luar biasa dan sulit dilupakan,” ujar Mufi.

Sementara itu, Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris menerangkan hingga akhir pemberangkatan jemaah haji, masih ada dua orang yang dirawat di RS Haji.

“Hingga kini, ada dua jemaah haji yang masih dirawat RS Haji. satu orang berasal dari kloter 91 asal Tulungagung. Sedangkan satu lagi berasal dari kloter 106 asal Pamekasan,” terangnya.

Haris menerangkan dua jemaah haji sakit tersebut akan menjadi jemaah prioritas untuk berangkat haji pada 2025.

Pada masa pemberangkatan ini, ada tiga jemaah haji yang wafat di RS Haji, yaitu 1 jemaah haji kloter 16 dari Kabupaten Madiun, 1 jemaah kloter 12 dari Tuban, dan 1 jemaah kloter 68 dari NTT yang wafat tadi pagi pukul 07.15 WIB.

Sedangkan jemaah haji yang wafat di tanah suci berjumlah 9 orang dengan rincian 1 orang wafat di Madinah dan 8 orang wafat di Mekkah.

Pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Surabaya dari Bandara Juanda ke Tanah Suci berlangsung sejak 12 Mei 2024.

Total ada 46 kloter yang diberangkatkan pada gelombang pertama dari Bandara Juanda mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Sedangkan pada gelombang dua, ada 60 kloter yang diterbangkan menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Para jemaah haji Embarkasi Surabaya akan mulai tiba di tanah air pada 22 Juni 2024 besok.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *