Pemerintahan

Wabup Kunjungi Peternakan Domba Morino di Ampeldento Karangploso

46
×

Wabup Kunjungi Peternakan Domba Morino di Ampeldento Karangploso

Sebarkan artikel ini
Domba Morino
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat berdialog dengan peternak domba jenis Moreno di Desa Ampeldento Karangploso

BERITABANGSA.ID, MALANG – Untuk menghasilkan ternak yang baik dan berkualitas dengan pembiayaan yang murah Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto meminta peternak domba morino ini berkoordinasi dengan perguruan tinggi (PT).

Demikian disampaikan oleh Wabup Malang saat meninjau pasar rakyat di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Minggu (2/6/2024).

Menurut Wabup Didik, komunikasi dengan PT akan terjadi saling support dan desa ini bisa dijadikan penelitian kambing atau domba jenis Morino.

“Jadi untuk menjaga kualitas dengan biaya pemeliharaan terjangkau, komunikasi dengan PT, agar ada saling support, dan desa bisa dijadikan bahan penelitian tapi tetapi hasilnya tetap milik peternak,” kata Wabup.

Dari hasil penelitian bisa dikembangkan persilangan kambing atau domba dengan jenis berbeda.

Wabup Malang juga meminta kepala desa, terkair produk turunannya setelah ada kawin silang antara domba morino dengan domba jenis lain jadi peternakan komunal.

“Sistem komunal akan menghasilkan ternak yang berkualitas dengan mutu nilai tinggi. Selain itu juga dibantu dengan mesin pencacah limbah dan penghalus kotoran ternak,” beber Didik.

Wabup Malang menambahkan, keberadaan bulu domba juga harus dipikirkan, untuk itu agar memiliki nilai ekonomi tinggi maka juga berkoordinasi lagi dengan pihak PT untuk bisa dimanfaatkan kelanjutannya.

“Setelah menghasilkan bulu domba yang cukup banyak, saya meminta peternak kembali berkoordinasi dengan PT kembali, nantinya pemanfaatannya untuk apa, untuk woll bulu domba dan pemanfaatan lainya, sehingga domba, kotoran, dan bulu juga laku dengan sistem Komunal,” jelas mantan Ketua DPRD
Malang ini.

Sementara Kades Ampeldento Karangploso, Suhariyanto menyampaikan, peternakan Morino ini hanya ada di Desa Ampeldento, didatangkan khusus dari Wonosobo.

“Pembibitannya domba jenis Morino ini kita langsung dari Kota Wonosobo, dan karena satu satunya di Kabupaten Malang, saya ingin peternak domba Morino ini terus berkembang,” tandas Suhariyanto.

Suhariyanto berharap Pemkab Malang bisa membantu keberadaan sentra domba jenis Moreno di Desa Ampeldento. Saat ini sudah ada 1000 ekor domba jenis Morino dipelihara.

“Mudah mudahan dengan adanya bantuan dari Pemkab Malang bisa mengembangkan sentra industri peternakan domba jenis Morino di Desa Ampeldento ini,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *